Share

Bolehkah Tetap Berolahraga ketika Berpuasa? Ini Tipsnya!

Devi Pattricia, Okezone · Jum'at 08 Maret 2024 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2024 03 08 612 2980879 bolehkah-tetap-berolahraga-ketika-berpuasa-ini-tipsnya-RMrP3lExSA.jpg Tips berolahraga ketika berpuasa, (Foto: Karlyukav/Freepik)
A A A

JELANG masuk bulan Ramadhan, umat Muslim di dunia, termasuk masyarakat Indonesia mulai menyiapkan diri untuk melaksanakan puasa. Meski berpuasa, tubuh harus tetap prima dalam menjalankan berbagai aktivitas setiap harinya.

Meski menahan lapar dan dahaga, tubuh juga membutuhkan olahraga loh! Dokter Spesialis Ortopedi, dr. Yohannes Toban Layuk Allo, M.Kes, Sp.OT (K) mengungkap bahwa berolahraga saat berpuasa sangat diperbolehkan.

Terlebih olahraga sendiri memang berdampak baik untuk otot dan kebugaran badan. Namun, yang patut diperhatikan, seperti dikatakan dr. Toban, berolahraga saat berpuasa memerlukan pemilihan waktu yang tepat, seperti sebelum berbuka puasa.

“Ini sebenarnya tidak masalah, tapi banyak yang harus dipertimbangkan,” kata dr. Toban dalam Media Discussion RS Pondok Indah Group di kawasan Kebayoran Baru, Kamis (7/3/2024).

 BACA JUGA:

“Contohnya seperti memilih waktu yang tepat ini variatif, ada orang yang lebih memilih 1 jam sebelum buka mau olahraga, boleh silahkan,” jelasnya.

 BACA JUGA:

Menurutnya, olahraga di bulan puasa ini bisa di waktu 60 menit sebelum waktu berbuka. Tetapi jika tubuh terasa lemas karena menahan lapar, maka sebaiknya berolahraga setelah berbuka puasa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Ada juga orang yang gak kuat kalau menjelang buka, maunya olahraga setelah buka, itu juga boleh dan gak masalah,” sambung dr. Toban lagi.

Selain berolahraga, dr. Toban menyarankan selama berpuasa sebaiknya waktu tidur tetap tercukupi. Selain itu, jika ingin konsisten dalam berolahraga selama bulan puasa, maka sebaiknya sesuaikan jenis serta frekuensi berolahraga sesuai dengan kemampuan diri.

“Harus cukup tidur, kalau enggak cukup tidurnya nanti otot gak baik, konsentrasi gak baik, dan bisa cedera. Pilih olahraga dengan baik, frekuensi, durasi, intensitas itu diturunin dan dijaga tetap seimbang saat puasa. Tapi yang paling penting, kenali diri sendiri,” ujar dr. Toban.

Salah satu hal yang perlu dihindari yaitu langsung berolahraga setelah berbuka puasa. Hal ini dapat memicu nyeri perut, maka sebaiknya berolahraga satu jam setelah berbuka puasa.

Pada umumnya, jenis olahraga apa pun bisa dilakukan selama bulan puasa, asalkan jenis olahraga tersebut memang yang sering dilakukan. Hal ini agar tubuh tidak kaget dan menimbulkan cedera saat berolahraga.

“Jenis olahraga, saya pribadi gak ada rekomendasi khusus. Terpenting itu yang biasa dilakukan saja dengan mengenali diri sendiri,” tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini