Share

Ternyata Ini Asal Usul dan Arti Khong Guan di Biskuit Legenda Khong Guan

Rina Anggraeni, Okezone · Kamis 18 April 2024 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 17 298 2996804 ternyata-ini-asal-usul-dan-arti-khong-guan-di-biskuit-legenda-khong-guan-95tRguTkWp.jpg Ilustrasiarti biskuit khong ghuan ( Foto: Okezone)
A A A

TERNYATA ini asal usul dan arti Khong Guan di biskuit legenda Khong Guan. Apalagi merek ini terkenal di Indonesia sebagai camilan keluarga.

Beberapa warganet pun penasaran mengenai arti Khong Guan beserta gambar depannya. Mengingat, pada sampul depan terlihat keluarga kecil yang menikmati biskuit tersebut. Lantas apa artinya?

Ternyata ini asal usul dan arti Khong Guan di biskuit legenda Khong Guan berasal dari ide adik dan kakak asal China. Pada tahun 1935, kakak beradik Chew Choo Keng dan Chew Choo Han meninggalkan desa mereka di Fujian, Tiongkok untuk mencari pekerjaan di Singapura.

biskuit

Setelah lebih dari satu dekade percobaan dan kerja keras, mereka mendirikan Khong Guan Biscuit Factory (Singapore) Limited pada tahun 1947, mendirikan pabrik pertamanya di 18 Howard Road.

Sedangkan Khong Guan berasal dari bahasa mandarin "kong guan" yang berarti kaleng atau stoples kosong.

Selain itu, Brand ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1950-an. Hidayat Darmono alias Kwee Boen Twie bersama Ong Kong ie dan Go Swie Kie adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan brand biskuit dari Singapura ini ke Indonesia melalui NV Giok San Kongsie.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di Indonesia, Khong Guan berhasil menjadi salah satu merek dagang biskuit dan wafer yang paling populer dan merajai pasar.

Pemilik biskuit Khong Guan di Indonesia saat ini adalah Hartono Kweefanus pada 1975. Ia juga disebut sebagai salah satu pendiri perusahaan camilan dan mi instan raksasa di Filipina, Monde Nissin, pada 1979, Dan salah satu konglomerat kelahiran Indonesia. Menurut beberapa sumber, ia merupakan putra dari Hidayat Darmono, sosok yang membawa Khong Guan pertama kali ke Indonesia.

Forbes pernah mencatat kekayaan Hartono mencapai US$ 540 juta atau Rp 7,7 triliun (kurs Rp 15.400). Sementara kekayaan keluarga Hartono mencapai US$ 1,5 miliar atau Rp 23,10 triliun.

Bahkan Hartono Kweefanus dan keluarga menempati peringkat 11 orang terkaya di Filipina pada 2021 versi Forbes, dengan kekayaan mencapai 1,95 miliar dolar AS atau setara Rp28,91 triliun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini