Share

626 Orang Dievakuasi Pasca Gunung Ruang Erupsi

Widya Michella , MNC Media · Kamis 18 April 2024 23:07 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 18 340 2997693 626-orang-dievakuasi-pasca-gunung-ruang-erupsi-bFjCacTM2D.jpg Gunung Ruang meletus (Foto : PVMBG)
A A A

JAKARTA - Gunung Ruang di Sulawesi Utara memasuki status awas atau level IV, hal ini membuat warga yang berada di radius 6 km, yakni di Pulau Tagulandang harus mengosongkan wilayahnya.

Atas kejadian itu sebanyak 626 orang telah dievakuasi menuju tempat aman. Di mana 626 terdiri dari 579 orang pada hari pertama dan 47 orang pada hari kedua.

"Maksudnya untuk hari ke 1 yang terevakuasi 579 org dan untuk hari ke 2 yang terevakuasi 47 orang. Jadi total korban yang terevakuasi selama 2 hari berjumlah 626 orang," kata Humas Basarnas Manado, Al Ikram dalam keterangannya, Kamis (18/4/2024).

Selain itu, proses pengamanan saat ini masih berlanjut di Tagulandang hingga kamis, 18 april 2024. Di mana intensitas perkembangan terkait Gunung ruang mengalami peningkatan sejak kemarin malam meletus mengeluarkan larva dan bebatuan.

"Tim SAR gabungan telah memberikan himbauan kepada masyarakat yang tinggal di radius 5 km agar secepat nya mengungsi agar tidak memakan korban jiwa," ujarnya.

Adapun pemerintah daerah Tagulandang sudah menetapkan darurat bencana selama 2 minggu dari tanggal 16 april 2024. Semua unsur bantuan instansi yang yang dari Manado baik TNI, polisi, tagana, dan potensi SAR sudah di berangkatkan ke Tagulandang untuk di perbantukan pengamanan masyarakat setempat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Tim SAR gabungan sampai saat ini belum menerima info ada korban jiwa yang meninggal, sedetil mungkin tim SAR gabungan akan melaksanakan pemantauan di daerah daerah sekitar gunung ruang agar masyarakat setempat tidak beraktifitas," katanya.

Sementara Kepala Basarnas Manado Monce brury menyampaikan bahwa pihaknya telah menambahkan 10 personil beserta alat pendukung untuk mengevakuasi masyarakat yang terdampak letusan Gunung ruang.

"Jadi tim basarnas kami siagakan di sana sebanyak 35 personel untuk membantu pengamanan, dan kami tadi siang mengevakuasi masyarakat setempat, pegawai lapas dan warga binaan lapas dari Tagulandang ke manado, kami akan selalu berkoordinasi kesemua instansi pemerintah setempat untuk menjamin keselamatan masyarakat," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini