Share

Desain Stasiun Kereta Ini Mirip Pembalut Wanita, Disorot Netizen

Faradilla Indah Siti Aysha , Okezone · Kamis 18 April 2024 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 18 470 2997290 desain-stasiun-kereta-ini-mirip-pembalut-wanita-disorot-netizen-DGXDRj9LA9.png Desain Stasiun Nanjing Jadi Sorotan. (Foto: Okezone.com/BBC)
A A A

JAKARTA - Desain stasiun kereta api di Kota Nanjing, China, menarik perhatian. Pasalnya, rancang bangun stasiun tersebut dianggap menyerupai pembalut perempuan.

Namun pihak berwenang menyatakan bahwa desain Stasiun Nanjing Utara terinspirasi dari bunga plum. Bunga yang terkenal di kota tersebut.

Hanya saja orang-orang di dunia maya melihatnya berbeda. Warganet melihat desain itu lebih mirip pembalut perempuan.

"Ini adalah pembalut raksasa. Memalukan jika dikatakan bentuknya seperti bunga plum," tulis salah satu komentar di situs media sosial Weibo, dikutip dari BBC Indonesia, Kamis (18/4/2024).

Desain tersebut pun menjadi topik yang telah menghasilkan jutaan penayangan di berbagai platform media sosial China.

"Kita saja bisa langsung tahu bahwa itu adalah pembalut perempuan, tapi kenapa arsiteknya tidak bisa (tahu)?" kata salah satu netizen.

"Saya pikir kita harus mengambil kesempatan ini untuk menyerukan ke masyarakat agar memperhatikan rasa malu. Desain ini lebih maju dari masanya," canda pengguna lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Desain awal stasiun itu telah mendapat lampu hijau dari pemerintah Provinsi Jiangsu dan China State Railway Group. Konstruksi akan dimulai pada paruh pertama tahun 2024, menurut media lokal.

Menurut laporan 2017, stasiun kereta api ini diperkirakan menelan biaya sekitar 20 miliar yuan (hampir Rp50 triliun) dan akan menempati area seluas 37,6 kilometer persegi.

Stasiun ini bukanlah proyek arsitektur pertama di China yang menarik perhatian masyarakat.

Markas besar kantor CCTV, lembaga penyiaran negara di ibu kota Beijing, dikenal oleh banyak orang di China sebagai gedung "celana boxer besar" karena bentuknya yang unik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini