Share
Advertisement

Fosil Rahang yang Ditemukan di Inggris Mungkin Berasal dari Reptil Laut Terbesar di Dunia

Redaksi , Jurnalis-Kamis 18 April 2024 19:37 WIB
Ilustrasi Ichthyosaurus yang terdampar di pantai.
Ilustrasi Ichthyosaurus yang terdampar di pantai.
A
A
A

LONDON – Sebuah fosil dari Ichthyosaurus purba berusia 200 juta tahun, yang digali di sekitar Pantai barat daya Inggris kemungkinan merupakan bagian dari reptil laut purba yang pernah ditemukan. Dari fosil tulang rahang dari ichthyosaurus, yang diidentifikasi sebagai spesies baru, peneliti memperkirakan reptil tersebut memiliki panjang sekira 20 hingga 25 meter.  

Sebelumnya, pada 2020, pemburu fosil amatir menemukan sebuah bongkahan tulang raksasa di Pantai Blue Anchor di Somerset, Inggris. Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut, Dean Lomax dari Universitas Manchester, Inggris beserta rekan-rekannya segera menyadari bahwa itu adalah pecahan tulang rahang dari ichthyosaurus raksasa, sejenis reptile yang berkeliaran di lautan antara 250 dan 90 juta tahun yang lalu. 

Penggalian selanjutnya yang dilakukan di Pantai telah menemukan 11 fragmen lagi, sehingga tim dapat mengumpulkan lagi Sebagian tulang yang berada di belakang rahang dan disebut sebagai surangular. 

Penemuan terbaru tersebut muncul setelah ada laporan pada 2018 yang menggambarkan tulang rahang ichthyosaurus serupa dan ditemukan di Pantai Somerset yang berbeda. Namun pada saat itu tim tidak memiliki cukup bukti untuk menentukan spesiesnya.  

“Sangat jelas bahwa ini adalah salah satu dari tulang rahang raksasa tersebut” kata Lomax sebagaimana dilansir New Scientist. “Jadi saya sangat, sangat bersemangat” 

Setelah membandingkan Sebagian tulang ichthyosaurus dengan tulang utuh lainnya, tim memperkirakan bahwa keseluruhan tulang memiliki panjang setidaknya 2 meter – sehingga panjang tubuh tersebut sekitar 20 hingga 25 meter. 

“Kami sedang menghadapi sesuatu yang sangat besar” ucap lomax. “ini pasti mewakili reptil laut terbesar yang dideskripsikan secara resmi” 

 

Baca Juga:
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement