Share

5 Tips Simpan Sisa Buah dan Sayuran yang Sudah Dipotong

Dita Pramesti, Okezone · Jum'at 19 April 2024 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 19 298 2997905 5-tips-simpan-sisa-buah-dan-sayuran-yang-sudah-dipotong-wJWZJYFPXp.jpg Tips menyimpan sisa buah dan sayuran sudah dipotong, (Foto: Freepik)
A A A

MEMOTONG buah dan sayuran dalam ukuran porsiyang dibutuhkan, sering kita lakukan sebagai pilihan efisien untuk mengurangi pemborosan dan memudahkan persiapan makanan sehari-hari.

Sehingga buah dan sayuran digunakan sebagai bahan makanan sesuai kebutuhan dan menghindari sisa makanan yang dibuang. Namun, di sisi lain menyimpan buah dan sayur yang sudah dipotong setengah ini memang gampang-gampang susah.

 BACA JUGA:

Paparan udara dan oksidasi dapat mempercepat proses pembusukan, membuat buah dan sayur menjadi layu dan tidak segar lagi dalam waktu singkat. Maka dari itu, patut tahu bagaimana cara menyimpan buah dan sayuran yang sudah dipotong agar tetap segar, berikut lima tipsnya sebagaimana dilansir dari NDTV Food, Jumat (19/4/2024)

 BACA JUGA:

1. Simpan dalam wadah kedap udara di kulkas: Ini mencegah paparan udara yang memicu mempercepat oksidasi, yang bisa membuat buah dan sayur berubah warna menjadi tidak segar dan layu dalam waktu singkat. Pakai wadah plastik atau kaca, dan plastik ziplock dengan penutup rapat ya!

2. Gunakan plastik wrap: Plastic wrap banyak digunakan karena kemampuannya untuk menjaga kualitas makanan. Pastikan telah menutup secara rapat, sehingga membantu memperlambat proses pembusukan dan menjaga kesegaran buah dan sayur lebih lama.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Beri air perasan jeruk: Beberapa buah seperti apel, pir, dan pisang cenderung berubah warna menjadi coklat saat terkena udara. Atasi ini dengan memberi air perasan dari lemon atau jeruk nipis pada permukaan potongan buah sebelum disimpan. Kandungan asam pada air perasan ini membantu memperlambat proses oksidasi. Sehingga buah dan sayur tetap segar.

4. Simpan di dalam air: Beberapa jenis sayur, seperti wortel, seledri dan daun bawang dapat disimpan dalam air untuk menjaga kesegarannya. Cukup masukkan potongan sayur ke dalam wadah berisi air dan simpan di dalam lemari es. Ganti air secara berkala untuk menjaga kebersihan dan kesegarannya.

5. Bungkus dengan paper towel: Jika ingin menyimpan potongan buah dan sayur pada suhu ruangan, bungkus dengan handuk kertas atau paper towel basah. Kelembapan dari paper towel yang sudah dibasahi, disebut bisa mencegah buah dan sayuran menjadi layu dan kering sehingga memperpanjang masa simpannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini