Share

5 Fakta Tim Cook, Bos Apple yang Mau Bangun Pabrik iPhone di Indonesia

Saskia Adelina Ananda , Okezone · Sabtu 20 April 2024 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 19 470 2997957 5-fakta-tim-cook-bos-apple-yang-mau-bangun-pabrik-iphone-di-indonesia-b0XisZ27oY.png CEO Apple Bertemu Jokowi (MPI)
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bertemu dengan CEO Apple Tim Cook. Pemerintah mempunyai keinginan agar Apple bisa membangun pabrik sebagai fasilitas untuk produk-produknya di Indonesia.

Didampingi Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. Mereka melakukan kesepakatan pada pembahasan mengenai pembangunan pabrik Apple di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Cook mengungkap Jokowi ingin agar Apple membangun pabrik di Indonesia. Termasuk untuk memproduksi iPhone dan produk-produk lainnya.

Dikutip Okezone, Sabtu (20/4/2024) berikut fakta-faktanya.

1. Merespon positif

Begitu banyak pertimbangan dari Tim Cook sehingga merespons positif bahwa terdapat potensi yang tinggi dalam komitmen dan keseriusan pembangunan pabrik Apple di Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"We talked about the presidents desire to see manufacturing in the country, and it's something that we will look at," ujar Tim Cook.

2. Dapat dijadikan supply chain

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, pembentukan dan pembangunan pabrik ini dapat menjadikan Indonesia sebagai supply chain perusahaan-perusahaan global.

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa establishment Apple dijadikan sebagai basis investasi, di mana fasilitas Apple Development Academy yang ada di Surabaya, Tangerang, Batam dan (akan dibangun) Bali merupakan dasar kesepakatan antara Indonesia dengan Apple dan pemerintah Indonesia. Dari ketiga Apple Academy, Agus menyampaikan mereka sudah berinvestasi sebesar Rp1,2 triliun.

3. Akan menindaklanjuti proses business matching

Agus memperjelas bahwa Kemenperin akan menindaklanjuti proses business matching yang dimana nantinya menggabungkan komponen perangkat handphone yang ada di Indonesia dengan Apple. Proses business matching dilakukan karena prosesnya jauh lebih cepat karena komponen-komponen yang dibutuhkan sudah tersedia dan hanya perlu menyesuaikan spek dan lain hal.

4. Indonesia telah mengimpor komponen handphone

Hal ini diperkuat dengan pernyataan data dari Kemenperin bahwa Indonesia telah mengimpor komponen handphone sebanyak 2,8 juta unit dan 85% nya produk Apple.

"Nanti kalau mereka akan mulai membuka fasilitas pabrik, itu juga akan mulai dibicarakan. Itu salah satu dari bagaimana mereka bisa memperluas establishment," tambahnya.

5. Jokowi mengajak CEO Apple

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak CEO Apple untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan Smart City di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Tadi Pak presiden mengajak Apple ke Tim Cook berpartisipasi dalam pengembangan smart city di IKN jadi salah satunya itu termasuk kemungkinan proses manufakturing Apple dilakukan di Indonesia,"ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini