Share

Perawat Rumah Sakit Ungkap Pesan Terakhir dari Banyak Pasien sebelum Meninggal Dunia

Firly Aghisty Cahyarani, Jurnalis · Jum'at 19 April 2024 21:00 WIB
$detail['images_title']
Kisah haru perawat. (Foto: Freepik.com)

SEORANG perawat rumah sakit di Los Angeles, California, bernama Julie telah membagikan momen mengharukan dalam pengalamannya ketika merawat pasien.

Melalui platform media sosialnya, pada aplikasi TikTok dengan username @hospicenursejulie, Julie membagikan pengetahuannya tentang pengalaman kematian yang sering dialami banyak pasien sebelum mereka meninggal dunia.

Sebagai seorang perawat hospice, Julie juga fokus untuk memberikan perawatan dengan memperhatikan kebutuhan emosional dan spiritual pasien yang sedang berjuang melawan penyakit. Selain itu, dia juga memberikan dukungan kepada keluarga pasien selama mereka menghadapi perjalanan berat yang berkaitan dengan kematian.

Melansir dari Vt.co pada Jumat (19/4/2024), Julie mengungkapkan bahwa momen yang paling sering terjadi sebelum seseorang meninggal adalah ungkapan cinta kepada orang yang mereka sayangi, atau memanggil nama orangtua mereka, bahkan jika orang tua tersebut telah meninggal terlebih dahulu.

Perawat

"Bagian terbaik dari pekerjaan saya adalah mendidik pasien dan keluarga tentang kematian dan sekarat serta mendukung mereka secara emosional dan fisik," tutur Julie kepada The Sun.

Julie juga menyatakan bahwa membantu memahami apa yang diharapkan oleh pasien adalah bagian lain dari pekerjaannya sebagai perawat rumah sakit. Dia juga membagikan sebuah video di TikTok pada 2021 yang menggambarkan pengalaman umum yang kerap dialami oleh banyak orang menjelang kematian mereka, seperti perubahan pernapasan, perubahan warna kulit, sekret terminal, dan demam.

Meskipun setiap individu memiliki pengalaman yang berbeda saat menghadapi kematian, Julie menjelaskan bahwa pada fase kematian aktif, jika pasien yang meninggal karena sebab alami biasanya mengalami gejala serupa. Seperti perubahan kesadaran, perubahan pernapasan, dan perubahan pada kulit yang terlihat seperti bintik-bintik.

Namun, Julie menekankan bahwa fase ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyaman bagi pasien. Ketika berbicara tentang asumsi umum tentang kematian di rumah sakit, Julie menyoroti bahwa banyak dari asumsi tersebut yang tidak akurat. Salah satunya adalah anggapan bahwa semua orang di rumah sakit akan langsung meninggal.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Leo)