Share

Tips Kembalikan Pola Tidur setelah Bulan Puasa

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Jum'at 19 April 2024 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 19 612 2997999 tips-kembalikan-pola-tidur-setelah-bulan-puasa-96RhHKWglX.jpg Tips Tidur. (Foto: Freepik)
A A A

SELAMA Bulan Ramadan kemarin, pola tidur kita memang berubah. Oleh karena itu, ketika bulan Ramadan berakhir, masih ada orang yang sulit untuk kembali ke pola tidurnya yang lama.

Hermawan Saputra dipilih oleh Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) menjelaskan, ada beberapa cara mengembalikan tidur normal setelah pola tidur umat Islam biasanya berubah selama Ramadan.

Selama Ramadan, umat Islam biasanya mengubah waktu tidurnya karena harus bangun pagi untuk sahur dan menjalankan aktivitas keagamaan hingga malam hari. Hermawan mengatakan mereka perlu bersantai selama beberapa hari untuk memulihkan pola tidur mereka setelah Ramadan.

"Meskipun gangguan tidur disebabkan oleh ritme tidur yang salah, gangguan ini dapat diatasi dalam 3-5 hari dengan nutrisi dan relaksasi," kata Hermawan seperti dilansir dari Antara.

"Pada masa transisi, biasakan istirahat jam delapan atau sembilan saat tidak ada keperluan lain, tetap terjaga atau beraktivitas di malam hari," tambahnya.

Dia pun berpesan kepada masyarakat yang baru saja istirahat tengah malam agar kebiasaannya diubah secara bertahap agar bisa tidur lebih awal di malam hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hermawan mengatakan, tubuh manusia memiliki pengingat otomatis atau “alarm” internal. Misalnya, umat Islam biasanya bangun pada pukul 04.00 atau 05.00 pagi. Untuk salat subuh, gunakan jam alarm alami yang bangun pada waktu tersebut.

Menurut Hermawan, membiasakan bangun pagi bisa membantu mengatur ulang pola tidur akan kembali normal.

Selain itu, katanya, pemenuhan kebutuhan nutrisi dan pengurangan stres akan memudahkan untuk menghidupkan kembali pola tidur yang berubah selama bulan puasa.

"Perlu juga diperhatikan terhadap kualitas tidur di siang hari yaitu tidur lima sampai delapan jam kemudian. Karena kita mendapatkan nutrisi yang baik untuk tubuh kita, maka kondisi mental kita juga baik yaitu. bebas stres, biasanya cepat dan berkualitas rendah. tidak ada masalah dengan pengembalian. dan tidur normal,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini