Share

3 Amalan Sunnah yang Pahalanya Setara Haji dan Umrah, Ada Sholat Sunnah

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 19 April 2024 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 19 621 2997721 3-amalan-sunnah-yang-pahalanya-setara-haji-dan-umrah-ada-xQtXxgtoQ8.jpg Ilustrasi amalan sunnah berpahala setara ibadah haji dan umrah. (Foto: Okezone)
A A A

TERUNGKAP amalan sunnah yang memiliki pahala setara ibadah haji dan umrah. Diketahui bahwa salah satu Rukun Islam adalah berangkat haji. Sayangnya, tidak semua umat Islam dapat pergi ke Tanah Suci karena beberapa alasan.

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan ada amalan sunnah yang bisa dilakukan untuk umat Islam yang belum berkesempatan pergi haji dan umrah.

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

"Kalau belum bisa berangkat haji atau umrah, ada ibadah lain yang pahalanya juga sama (berangkat ke Tanah Suci, red)," ungkap dia saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Dari sekian banyak amalan atau ibadah yang pahalanya setara dengan pergi haji atau umrah, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Sholat berjamaah

مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ فِي الجَمَاعَةِ فَهِيَ كَحَجَّةٍ وَ مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ تَطَوُّعٍ فَهِيَ كَعُمْرَةٍ نَافِلَةٍ

Artinya: "Siapa yang berjalan menuju sholat wajib berjamaah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju sholat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah." (HR Thabrani) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Sholat isyraq

Tata cara sholat isyraq adalah:

- Sholat Subuh berjamaah di masjid

- Berdiam tadzakur, berdzikir, dan melakukan kegiatan yang bermanfaat

- Ketika matahari setinggi tombak (15 menit setelah syuruq) melakukan sholat dua rakaat (disebut sholat isyraq atau sholat dhuha di awal waktu).

مَنْ صَلَّى صَلاةَ الصُّبْحِ فِي مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ يَثْبُتُ فِيهِ حَتَّى يُصَلِّيَ سُبْحَةَ الضُّحَى، كَانَ كَأَجْرِ حَاجٍّ، أَوْ مُعْتَمِرٍ تَامًّا حَجَّتُهُ وَعُمْرَتُهُ

Artinya: "Barang siapa yang mengerjakan Sholat Subuh dengan berjamaah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan sholat sunnah dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumrah secara sempurna." (HR Thabrani)

3. Menghadiri majelis ilmu

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يُعَلِّمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حَجَّتُهُ

Artinya: "Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya." (HR Thabrani)

Allahu a'lam

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini