Share

Gelar Halal Bihalal, Universitas Tarumanagara Angkat Budaya Cirebon

Faradilla Indah Siti Aysha, Okezone · Jum'at 19 April 2024 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 19 65 2997845 gelar-halal-bihalal-universitas-tarumanagara-angkat-budaya-cirebon-R3sZmeTdj6.jfif Untar Gelar Halal Bihalal. (Foto: Okezone.com/Fara)

JAKARTAUniversitas Tarumanagara (Untar) menggelar silaturahmi dan Halal Bihalal dengan tema Rayakan Kemenangan dalam Keberagaman dengan mengangkat Budaya Cirebon.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh keluarga besar Untar mulai dari mahasiswa, karyawan, dosen, guru besar, pimpinan universitas, pimpinan unit lain di bawah yayasan, hingga tenant-tenant yang ada di Untar.

Selain itu, Untar juga turut mengundang tamu-tamu naratama lainnya seperti Kasdim 0503 Jakarta Barat, Koramil Grogol Petamburan, Kapolsek Grogol Petamburan, serta Lurah Tomang.

“Acara Halalbihalal pada hari ini sebenarnya merupakan tradisi khas dari indonesia. Tradisi khas untuk saling melakukan silaturahmi juga saling untuk melakukan bermaaf-maafan kemudian juga untuk memperkuat ikatan persaudaraan diantara kita semua,” kata Sekretaris Yayasan Tarumanagara Vedrych J. Kusnanto.

Vedrych menerangkan bahwa acara Halalbihalal ini merupakan sebuah tradisi yang menjadi ajang bagi kita semua untuk memperkuat jalinan silaturahmi serta saling memaafkan di momen yang suci ini.

“Dalam momen ini kita juga diingatkan bahwa kampus tidak hanya sebagai tempat untuk menimba ilmu secara akademik tetapi kampus juga mengajarkan kita semua untuk merasakan pentingnya kebersamaan, untuk merasakan adanya persaudaraan di tengah-tengah perbedaaan kita semua lalui pada hari ini. Kemudian juga mengajarkan kepada kita adanya harmonisasi di lingkungan yang inklusif di lingkungan yang beraneka ragam,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, bahwa ada hal positif lainnya yang dapat dipetik di lingkungan kampus seperti nilai-nilai kebersamaan serta menjaga harmonisasi di tengah keberagaman budaya di Indonesia.

“Silaturahmi tahunan ini menjadi satu tradisi yang jangan sampai hilang, ya diantara kita terutama di Universitas Tarumanagara. Saya kira ini juga menjadi penguat kita, kita bisa berjumpa kita bisa berdiskusi mengobrol,” Ujar Rektor Universitas Tarumanagara Agustinus Purna Irawan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu, Rektor Universitas Tarumanagara Agustinus Purna Irawan menyampaikan ini merupakan tradisi Halal Bihalal yang dilakukan tahunan dan menjadi cerminan dari suasana Indonesia dengan Pancasilanya.

Para tamu undangan juga dimanjakan dengan penampilan-penampilan khas Cirebon seperti Rampak Bedug serta Tari Topeng Cirebon yang dipersembahkan oleh Sanggar Yudha Asri.

Selain itu, Untar juga menayangkan video tradisi lebaran di Cirebon seperti damar malem yang diadakan di Keraton Kasepuhan. Tradisi ini biasanya diadakan di 10 hari terakhir di bulan ramadhan. Warga sekitar keraton menyalakan api yg dinamakan damar malem. Penyalaan damar (obor) ini dilakukan di malam ganjil, yaitu pada tanggal 21, 23, 25, 27, dan 29 pada bulan Ramadan. Damar yang dinyalakan terbuat dari kapas dan minyak kelapa dengan piring kecil yang terbuat dari tanah. Setelah dinyalakan, damar tersebut diletakkan di sudut sekitar rumah dan keraton.

Tradisi lainnya yang berasal dari Cirebon yaitu Sultan dari Keraton Kasepuhan yang melaksanakan salat idul fitri sebanyak dua kali. Salat pertama dilakukan di Langgar Agung yang berada di dalam lingkungan Keraton sedangkan yang kedua dilaksanakan di Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini