Share

Peringati Hari Kartini, Festival Musik Digelar di Taiwan

Erha Aprili Ramadhoni , Okezone · Sabtu 20 April 2024 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 20 18 2998419 peringati-hari-kartini-festival-musik-digelar-di-taiwan-zNOSFNA7FY.jpg Peringati Hari Kartini, Festival Musik Digelar di Taiwan. (Ilustrasi/Reuters)
A A A

JAKARTA - Dalam rangka memperingati perjuangan pahlawan Indonesia Raden Ajeng Kartini dan jadi ajang kumpul masyarakat Indonesia di Taiwan, Radio Taiwan Internasional menggelar kegiatan “Kartini Taiwan Music Festival”. Acara ini digelar di di Taipei City Mall Plaza 12, Minggu (21/4/2024), pukul 13:00-17:00.

Berkolaborasi dengan Foreign Workers Social and Care Association (FSC), acara yang digelar masih dalam hangat suasana Lebaran ini merupakan penghormatan kepada para Pekerja Migran Indonesia di Taiwan khususnya kaum perempuan.

Senior Koordinator RTI, Tony Thamsir dalam keterangannya, Sabtu (20/4/2024) mengatakan, banyak perempuan Indonesia yang jauh merantau bekerja di Taiwan untuk memperbaiki masa depan dan perekonomian keluarga.

Merujuk statistik Kementerian Ketenagakerjaan Taiwan MOL, pada Februari 2024 jumlah PMI di Taiwan tercatat sebanyak 277.729 orang, dan lebih dari 70% di antaranya adalah kaum perempuan. Maka tidak berlebihan rasanya kalau acara kali ini juga ditujukan sebagai apresiasi bagi para perempuan hebat ini.

Konsep Festival Musik

Kegiatan akbar ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan RTI berkolaborasi dengan FSC. Namun khusus kali ini, kegiatan digelar dengan konsep festival musik yang mengundang langsung penyanyi asal Indonesia Kiki Asiska. Selain itu banyak talenta muda Indonesia di Taiwan yang akan tampil seperti salah satu anggota Girl Band Taiwan “HUR+ Crimzon”, Grace Jonwilin, yang kini tengah melejit namanya; band Indonesia yang berbasis di Taiwan, Five Notes; UTERS Dancer, penari tarian tradisional Indonesia dari para mahasiswa Universitas Terbuka Indonesia di Taiwan (UT-Taiwan); Mila Boutique, modeling club yang beranggotakan para PMI di Taiwan di bawah asuhan PMI teladan Mila Widya Sari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Acara ini juga diharapkan dapat melanjutkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Taiwan, meningkatkan pertukaran kebudayaan, juga turut memperkuat tali silaturahmi yang telah terjalin selama ini antara Taiwan dan Indonesia.

Keberhasilan acara ini juga diharapkan dapat menjadi batu pijakan di tahun depan agar bisa menggelar kegiatan serupa dengan cakupan yang lebih besar. Seperti kegiatan festival musik empat negara Asia Tenggara secara bersamaan (Terdiri sari Indonesia, Vietnam, Filipina dan Thailand), yang kini mencatat jumlah total sebanyak 756.831 orang di Taiwan.

Selain ada penampilan musik, sejumlah tokoh dijadwalkan hadir dalam kegiatan ini. Di antaranya, chairperson RTI Cheryl Lai; Sekjen Asosiasi Layanan Peduli Orang Asing FSC, Lily Widjaja; dan istri wakil Ketua KDEI Taipei, Dwi Sugi Wahyuni. Selain itu hadir pula Presiden RTI, Chang Jui-chang; Ketua FSC, Lin Jir Chou; dan Legislator, Mei Ling Lo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini