Share

Erick Thohir Cari Investor Kelola Aset BUMN di Jakarta, Siapa Minat?

Suparjo Ramalan , MNC Portal · Sabtu 20 April 2024 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 20 470 2998386 erick-thohir-cari-investor-kelola-aset-bumn-di-jakarta-siapa-minat-c0dfVHbIcy.jpg Erick Thohir Cari Investor Kelola Aset BUMN di Monas. (Foto: Okezone.com/KBUMN)
A A A

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membidik kerjasama dengan investor sektor properti agar bisa mengelola aset fisik BUMN yang ada Jakarta. Salah satunya gedung-gedung yang berada di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, aktivitas perkantoran bakal dipindahkan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim). Namun, aset-aset perusahaan tetap dikelola agar memiliki nilai tambah (values creation) bagi perekonomian di Jakarta.

Untuk mewujudkan hal itu, Erick melaksanakan roadshow dengan para pemain handal di bidang properti. Tujuannya menawarkan aset BUMN ke investor untuk dikelola secara bersama.

“Nah itu kan nanti kalau pemerintahan ini pindah (ke IKN Nusantara), gedung-gedung ini akan terabaikan. Contoh, Pertamina sudah punya gedung, tetapi gedung lama Pertamina kosong sekarang. Nah itu kan sayang kalau tidak di value creation,” ujar Erick saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2024).

“Nah, makanya kemarin kita roadshow dengan para potensi pemain properti yang mau juga melihat ini sebagai opportunity,” paparnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terkait pengelolaan aset BUMN, pemegang saham melalui PT Danareksa (Persero) juga bakal meluncurkan Property Fund. Wadah ini akan menaungi aset perusahaan negara yang berada di sekitar Monas.

Dengan Property Fund, aset perseroan di sekitar Monas akan dikonsolidasikan. Konsolidasi diperlukan agar aset BUMN tidak terbengkalai, setelah Ibu Kota Negara dipindahkan ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Mengenai rencana Danareksa launching Property Fund yang pernah dibicarakan. kenapa ada 13 aset BUMN di sekitar Monas. Ini kita yang bener-bener di sekitarnya 13 kalau nggak salah ya. Kalau dilebarin bisa 18,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini