Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

3.286 Kecelakaan Terjadi saat Mudik Lebaran 2024, Perhatikan Waktu Ideal Berkendara

Muhamad Fadli Ramadan , Jurnalis-Sabtu, 20 April 2024 |14:25 WIB
Sebanyak 3.286 kecelakaan terjadi sepanjang mudik Lebaran 2024. (Okezone)
Sebanyak 3.286 kecelakaan terjadi sepanjang mudik Lebaran 2024. (Okezone)
A
A
A

JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Irjen Aan Suhanan menyampaikan terjadi 3.286 kecelakaan lalu lintas sepanjang mudik Lebaran 2024. Angka tersebut turun 8 persen dari tahun lalu sebanyak 3.561 kecelakaan.

Dari jumlah kecelakaan tersebut, tingkat vatalitas menurun 12 persen dari tahun lalu, dari 534 korban meninggal dunia menjadi 469 meninggal pada tahun ini. Sebagian besar kecelakaan disebabkan pengemudi mengantuk.

Perjalanan jarak jauh melewati jalan tol menyimpan banyak risiko besar, salah satunya adalah microsleep. Ini merupakan gangguan yang kerap menyerang pengemudi dan dapat menimbulkan kecelakaan fatal.

Microsleep adalah kondisi pengemudi tertidur dalam waktu yang sangat singkat, meski terlihat seperti seseorang dalam kesadaran penuh. Kondisi ini sangat berbahaya dan bisa membuat pengemudi kehilangan kendali.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, mengatakan microsleep berbeda dengan mengantuk. Sebab, mengantuk saat mengemudi masih bisa dimanipulasi dengan minum, makan makanan ringan, bernyanyi, dan lain-lain.

“Kondisi ini datang ketika fisik kelelahan akibat mengemudi selama berjam-jam. Tidak ada aktivitas yang efektif untuk mengobatinya selain beristirahat yang cukup,” kata Sony saat dihubungi MNC Portal Indonesia beberapa waktu lalu.

Karena itu, manajemen perjalanan sangat penting bagi pelaku perjalanan jarak jauh agar tidak mengalami kecelakaan. Selain beristirahat di perjalanan, mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan juga sangat penting.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement