Share

Tips Hadapi Tantrum Anak dalam 4 Langkah

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 24 April 2024 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 24 612 3000030 tips-hadapi-tantrum-anak-dalam-4-langkah-Ja3lM9s2kq.jpg Anak Tantrum. (Foto: Freepik)
A A A

MENGHADAPI anak tantrum memang bisa sangat menyusahkan, apalagi jika mereka melakukannya di luar rumah. Tantrum memang merupakan bagian dari tumbuh kembang anak ketika mereka merasakan emosi.

Dr.dr.I Gusti Ayu Trisna Windiani Sp.A(K), anggota Satgas Tumbuh Kembang Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), mengatakan orang tua bisa mengatasi anak tantrum dengan metode RIDD.

Cara RIDD yang pertama adalah Remain calm, artinya orang tua harus tetap tenang saat menghadapi anak yang suka mengamuk. Jangan membentak dan beri waktu pada anak untuk mengatur emosinya

"Jadi ketika anak kita tantrum, kita harus tetap tenang, jangan teriak-teriak, tenangkan suaramu, kalau kamu teriak, anakmu akan berlipat ganda." tantrum, ini tandanya kamu harus memberinya waktu,” ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Pilihan lainnya adalah Ignore alias mengabaikan. Tapi, bukan berarti Anda melupakan anak tersebut. Tetap memperhatikan perilaku anak yang dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain, dan akan menimbulkan kerugian.

Ketiga, orang tua atau wali dapat mengalihkan perhatian anak dan membiarkan anak hingga tantrumnya selesai, yang dikenal dengan Distract the child. "Beri dia waktu, beri dia waktu untuk mengeluarkan tenaganya untuk mengamuk," jelas Trisna.

Saat anak sudah merasa aman dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain, orang tua bisa berkata "iya" pada anak (Do say ye). Meski demikian, Trisna mengingatkan agar permintaan mereka tidak dianggap enteng jika anak menangis karena meminta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ada baiknya untuk berkomunikasi sejak dini dan orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak. “Jangan berdebat dan berteriak di depan anak, jadilah teladan yang baik, jangan berdebat dengan pasangan di depan anak,” ujarnya.

Dokter Universitas Udayana ini menambahkan, orang tua juga perlu tahu kebutuhan anak dengan sikap positif. Bisa jadi, anak tantrum karena dia merasa lapar atau mengantuk.

Orang tua juga harus menjadi pendengar yang baik dan memberikan kesempatan pada anak untuk mengungkapkan perasaannya. “Rasa frustrasi, marah, sedih harus ditunjukkan sejak awal agar mereka tahu perasaannya dan belajar komunikasi,” kata dia.

Selain itu, rutinitas yang disiplin dan konsisten dapat mencegah anak muntah berulang kali mengamuk di tempat umum. Siapkan makanan ringan agar anak tidak kesal dan menangis saat lapar, serta perbanyak mainan yang menarik dan hindari gadget saat bepergian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini