Share

7 Destinasi Wisata Garut dengan Pesona Memikat, Cocok buat Self Healing Akhir Pekan

Janila Pinta, Jurnalis · Jum'at 26 April 2024 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 26 408 3001059 7-destinasi-wisata-garut-dengan-pesona-memikat-cocok-buat-self-healing-akhir-pekan-cVszS0mOmF.JPG Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat (Foto: dok. Hilda Lesmana)

TERDAPAT banyak destinasi wisata populer di Garut. Seperti diketahui, Garut merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat yang memiliki bentuk topografi unik.

Berada di dataran tinggi, Garut dikelilingi oleh Gunung Karacak, Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, dan Gunung Guntur.

Tidak heran jika Garut memiliki pemandangan menawan dengan deretan gunung. Selain itu, Garut yang dijuluki Swiss van Java atau Swiss-nya Pulau Jawa juga punya berbagai tempat wisata terkenal yang wajib dikunjungi, baik wisata alam maupun wisata kuliner.

Berikut 7 destinasi wisata populer di Garut yang bisa Anda jelajahi saat libur akhir pekan nanti.

1. Gunung Papandayan

Bagi Anda yang suka mendaki gunung, wajib mencoba sensasi keindahan Gunung Papandayan.

Pendaki Gunung Papandayan

(Foto: Instagram/@adorablebudi)

Berbeda dengan gunung pada umumnya, di sini Anda akan bertemu dengan indahnya hutan mati dan keindahan kawah belerang yang sangat mengagumkan. Selain itu, di sini juga terdapat hamparan bunga edelweiss yang sangat mempesona.

2. Leuwi Tonjong Cihurip

Saat berkunjung ke Garut wajib berkunjung ke Leuwi Tonjong Cihurip. Dalam Bahasa Sunda, Leuwi dikenal dengan sebutan sungai.

Uniknya, tempat wisata ini sangat indah dengan dikelilingi tebing yang memiliki ketinggian 90 hingga 210 meter. Lokasinya berada di Kampung Rentung, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Garut. Harga tiketnya cukup murah sebesar Rp15.000 saja.

3. Darajat Panas

Bagi Anda yang ingin bersantai sembari melakukan terapi refleksi di Garut, wajib berkunjung di Darajat Panas.

Tempat satu ini termasuk pemandian air panas terkenal yang berlokasi di Jalan Darajat KM 14, Kampung Bedeng, RT 09, RW 02, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Garut.

Infografis Wisata Kebun Raya di Indonesia

Uniknya, tempat wisata di Garut ini juga memiliki fasilitas wahana outbound yang sangat seru. Untuk berkunjung ke sini, cukup membayar uang sebesar Rp30.000 dewasa dan Rp25.000 anak-anak.

4. Tegal Panjang

Tidak jauh dari Gunung Papandayan, terdapat tempat wisata lain yang juga terkenal, yakni Tegal Panjang. Tegal panjang termasuk kawasan sabana hijau yang memiliki luas mencapai 46,830 hektare.

Hanya saja, untuk mencapai tempat wisata ini harus mendaki bukit dan menuruni lembah serta menempuh hutan belantara yang sangat rimbun. Perjalanan yang ditempuh menghabiskan waktu kurang lebih enam jam lamanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Bukit Pilar Angin

Selain jajaran gunungnya, eksotisme Garut memang juga tak lepas dari adanya sabana yang ada. Salah satunya adalah Bukit Pilar Angin yang menyuguhkan pemandangan sabana yang sangat luas dan indah. Untuk sampai ke bukit ini menghabiskan perjalanan selama 3,5 jam dari Garut.

6. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje ini merupakan tempat wisata yang paling populer di Garut. Memiliki ketinggian 80 meter, air terjun ini akan tampak begitu 'gagah' dengan airnya yang jatuh secara bebas dan mengalir di antara bebatuan. Selain itu, ada pula sebuah tebing hijau yang menambah keindahan tempat wisata ini.

Curug Sanghyang Taraje

(Foto: jabarprov.go.id)

Air terjun satu ini berada di Kampung Kombongan, Pakenjeng, Pamulihan, Kabupaten Garut. Tak perlu khawatir, sebab untuk sampai tempat wisata ini dapat menggunakan sepeda motor. Sementara, tiket masuknya sangat terjangkau sehingga tak perlu takut merogoh kocek dalam.

7. Kampung Sampireun

Kampung Sampireun termasuk salah satu tempat wisata di Garut yang terkenal. Kampung ini berada di Jalan Raya Samarang Kamojang, Sukakarya, Samarang, Garut. Bertempat di ketinggian 1.000 mdpl, membuat tempat wisata ini memiliki lingkungan yang sejuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini