Share

Ayah dan Bunda Catat! Tips Memilih Sekolah Tepat untuk Anak Autisme

Annastasya Rizqa, MNC Portal · Jum'at 26 April 2024 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 26 612 3000946 ayah-dan-bunda-catat-tips-memilih-sekolah-tepat-untuk-anak-autisme-3vvYUbzD08.jpg Tips memilih sekolah untuk anak autisme, (Foto: Freepik)
A A A

MEMILIH sekolah terbaik untuk anak, apalagi anak yang berkebutuhan khusus seperti autisme memang sama sekali bukan perkara mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan secara ekstra, demi pendidikan dan lingkungan yang terbaik untuk sang buah hati.

Biasanya untuk anak berkebutuhan khusus, banyak orang menyarankan agar orangtua memasukkan anaknya untuk bersekolah di Sekolah Luar Biasa. Namun tak dipungkiri, sebagaimana diungkap Dokter Spesialis Anak Konsultan Neurologi, Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K). Hardiono menjelaskan orangtua sering kali sedih dan tak terima bila sang anak yang mengidap autis harus disekolahkah ke sekolah khusus.

 BACA JUGA:

Padahal, menurut Prof. Hardiono sekolah ini bisa memberikan treatment yang baik untuk anak-anak berkebutuhan khusus ini.

 BACA JUGA:

“Sekolah biasa atau inklusi sama saja, basicnya sama. Tapi orangtua suka sedih kalau anaknya masuk sekolah inklusi. Dianggapnya anaknya parah, Padahal enggak sih, buat penolong dia,” ungkap Hardiono kala ditemui di Press Conference SPEKIX 2024, di Kuningan, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Dalam kesempatan yang sama, Safina Hasan sebagai ibu dari anak pengidap autis sekaligus istri dari presenter terkenal Ferdi Hasan membagikan tips untuk orangtua saat hendak memilih sekolah untuk anak pengidap autis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Safina menjelaskan hal pertama yang perlu diperhatikan para orang tua adalah, pihak tenaga pengajar atau guru dan lingkungan sekolah yang berani dan siap menerima anak pengidap autis.

“Guru dan lingkungan sekolahnya harus siap menerima anak seperti ini dan komitmen. Jadi enggak cuma bisa terima, tapi mereka juga harus komit karena yang penting komitmen itu,” ungkap Safina.

Selain itu, melakukan survey dan menggali informasi mengenai sekolah terkait juga penting dilakukan orangtua. Ia menyarankan, ayah dan ibu tak cuma perlu menggali dari pihak sekolah, tapi juga testimoni dari alumni dan orangtua yang pernah menyekolahkan anaknya yang mengidap autis di sekolah tersebut.

Kita harus survey, cari informasi, biasanya saya mencari informasi bukan cuma dari pihak sekolah. Saya juga tanya-tanya (alumni) sekolah di sana bagaimana, dan tanya sama orangtua yang pernah menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut,” sambungnya.

Terakhir, Safina juga menganjurkan orangtua tak sungkan untuk melakukan sharing dan menggali informasi sekolah dari komunitas anak berkebutuhan khusus. Ini, menurutnya jadi cara yang tepat agar bisa menemukan sekolah terbaik untuk anak pengidap autis.

“Sharing sesama orangtua soal informasi sekolah. Penting juga mencari informasi dari komunitas,” tutup Safina singkat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini