Share

Tips Memilih Pendidikan untuk Anak Autis, Haruskah Masuk Sekolah Khusus?

Annastasya Rizqa, MNC Portal · Jum'at 26 April 2024 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 26 612 3001024 tips-memilih-pendidikan-untuk-anak-autis-haruskah-masuk-sekolah-khusus-c77xrEbiBk.jpg Tips Memilh Sekolah untuk Anak. (Foto: Freepik)
A A A

MEMILIKI anak berkebutuhan khusus memang tidak mudah, apalagi jika harus memilih pendidikannya. Banyak hal yang perlu diperhatikan demi pendidikan dan lingkungan yang terbaik untuk mereka.

Salah satunya untuk anak penderita autisme. Biasanya, banyak orang menyarankan agar orangtua memilih Sekolah Luar Biasa untuk buah hati mereka yang berkebutuhan khusus.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Neurologi, Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K). Hardiono menjelaskan orangtua sering kali sedih dan tak terima bila sang anak yang mengidap autis harus disekolahkah ke sekolah khusus. Padahal, Hardiono mengatakan sekolah tersebut bisa memberikan treatment yang baik untuk anak-anak berkebutuhan khusus ini.

“Sekolah biasa atau inklusi sama saja. Basicnya sama. Tapi orangtua suka sedih kalau anaknya masuk sekolah inklusi. Dianggapnya anaknya parah, Padahal ngga sih, buat penolong dia,” ungkap Hardiono ditemui di Press Conference SPEKIX 2024, di Kawsan Kuningan, Jakarta Selatan.

Safina Hasan, istri dari presenter, Ferdi Hasan pun membagikan tips untuk orangtua saat hendak memilih sekolah untuk anak pengidap autis. Seperti diketahui, Safina dan Ferdi juga berjuang memberikan pendidikan yang terbaik untuk putra mereka yang mengisap autisme. Safina menjelaskan hal pertama yang perlu diperhatikan ialah guru dan lingkungan sekolah yang berani dan siap menerima anak pengidap autis.

“Guru dan lingkungan sekolahnya harus siap menerima anak seperti ini dan komit. Jadi gak cuma bisa terima, tapi mereka juga harus komit. Karena yang penting komitmen itu,” ungkap Safina.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, melakukan survey dan menggali informasi mengenai sekolah terkait juga penting dilakukan orangtua. Safina mengatakan prangtua tak cuma perlu menggali dari pihak sekolah, tapi juga testimoni dari alumni dan orangtua yang pernah menyekolahkan anaknya yang mengidap autis.

“Kita harus survey, cari informasi, biasanya saya mencari informasi gak cuma dari pihak sekolah, saya tanya-tanya (alumni) sekolah di sana bagaimana, dan tanya sama orangtua yang pernah menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut,” tambahnya.

Safina juga menganjurkan orangtua tak sungkan untuk melakukan sharing dan menggali informasi sekolah dari komunitas anak berkebutuhan khusus. Hal tersebut bisa jadi cara yang tepat agar bisa menemukan sekolah terbaik untuk anak pengidap autis. “Sharing sesama orangtua soal informasi sekolah. Penting juga mencari informasi dari komunitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini