Share

Filipina Tetapkan Idul Fitri sebagai Hari Libur Nasional

Finsy Aurelia Putri Kinanti, Jurnalis · Jum'at 26 April 2024 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 26 615 3001099 filipina-tetapkan-idul-fitri-sebagai-hari-libur-nasional-UofsJdqoUm.jpeg Ilustrasi Filipina tetapkan Idul Fitri sebagai hari libur nasional. (Foto: Reuters)
A A A

PEMERINTAH Filipina baru saja menetapkan Idul Fitri sebagai hari libur nasional. Pada 4 April 2024, Istana Malacanang telah merilis pernyataan Presiden Ferdinand R Marcos pada Media Proklamasi Nomor 514 yang berisi deklarasi hari libur nasional.

"Oleh karena itu, sekarang saya, Ferdinand R Marcos Jr, presiden Filipina, berdasarkan kekuasaan yang diberikan kepada saya berdasarkan hukum, dengan ini menyatakan Rabu 10 April 2024 sebagai hari libur rutin di seluruh negeri dalam rangka hari raya Idul Fitri (hari raya Ramadhan)," kata Ketua Pelaksana dalam media proklamasi tersebut, dikutip dari laman Inquirer, Jumat (26/4/2024).

Info grafis amalan sunnah sebelum Sholat Idul Fitri. (Foto: Okezone)

Penetapan tanggal tersebut diajukan oleh Komisi Nasional Muslim Filipina setelah melihat tanda penampakan bulan sabit sebagai awal bulan baru Syawal.

"Untuk mengedepankan makna keagamaan dan budaya Idul Fitri dalam kesadaran nasional, dan memungkinkan seluruh bangsa Filipina untuk bergabung dengan saudara-saudari Muslim mereka dalam kedamaian dan keharmonisan dalam perayaan dan perayaan Idul Fitri, perlu dideklarasikan Rabu 10 April 2024," ungkap Presiden Marcos Jr. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia menekankan pentingnya menghormati dan memahami keberagaman agama di Filipina, serta memastikan bahwa semua warga merasa dihargai dan diakui dalam perayaan agama mereka. 

Langkah ini dianggap sebagai upaya konkret untuk memperkuat kerukunan antar-umat beragama, menciptakan lingkungan sosial yang inklusif dan harmonis.

Dengan memperluas daftar hari libur nasional untuk mencakup Idul Fitri, Filipina menegaskan komitmen dalam mempromosikan keragaman budaya dan keagamaan sebagai salah satu pilar kekuatan nasional. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini