Share

Sastrawan Kondang Joko Pinarbuko Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun

Erfan Erlin, iNews · Sabtu 27 April 2024 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 27 612 3001392 sastrawan-kondang-joko-pinarbuko-meninggal-dunia-di-usia-61-tahun-NaKTjL2uNc.jpg Sastrawan Yogyakarta Joko Pinurbo meninggal dunia. (Foto: MPI/ Erfan Erlin)
A A A

SASTRAWAN kondang asal Yogyakarta, Philipus Joko Pinurbo tutup usia. Pria yang terkenal dengan nama Joko Pinurbo ini meninggal di usia 61 tahun. Joko meninggal pada Sabtu (27/4/2024) sekira pukul 06:03 WIB di Rumah Sakit Panti Rapih

Jenazah saat ini disemayamkan di PUKY Jalan PGRI, Sonosewu, Kasihan, Bantul, Ruang AB. Misa Requiem : Sabtu, 27 April 2024 pukul 16.00 WIB di PUKY bukan di rumahnya di Wirobrajan WB 1/353 A RT 16 RW 04, Yogyakarta. Pemakaman bakal dilaksanakan Minggu, 28 April 2024, berangkat dari PUKY pukul 10.00 WIB.

Jenazah rencananya akan dimakamkan di Pemakaman Demangan Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Joko Pinarbuko meninggalkan ibu, seorang istri, seorang anak dan dua orang cucu.

Putri Joko Pinurbo, Lea, mengatakan kondisi kesehatan ayahnya mulai menurun sebelum kembali dirawat di Rumah Sakit Panti Rapih Jogja. Joko masuk ke rumah sakit pada Kamis 25 April 2024 siang karena kondisinya menurun.

Joko Pinurbo

"(Masuk rumah sakit) Kamis siang," tutur dia.

Penyair terkenal ini pun memiliki segudang karya termasuk sejumlah puisi. Puisi-puisi karyanya saat ini masih banyak yang dikenal oleh masyarakat terutama Yogyakarta.

Salah satunya adalah puisi 'Jogja Terbuat dari Rindu, Pulang dan Angkringan'. Di mana penggalan puisi karya Joko tersebut cukup melekat di telinga masyarakat. Penggalan puisi tersebut banyak diabadikan oleh warga. Salah satunya ada tempat perbelanjaan Teras Malioboro I.

Ratusan puisi telah dia ciptakan semasa hidupnya. Karya Lulusan sastra Universitas Sanata Dharma ini banyak dicetak oleh penerbit-penerbit seperti Gramedia hingga Diva Press.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Leo)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini