Share

5 Tradisi yang Dilakukan dalam Perayaan Kenaikan Isa Al Masih

Devi Pattricia, Okezone · Kamis 09 Mei 2024 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2024 05 09 612 3006338 5-tradisi-yang-dilakukan-dalam-perayaan-kenaikan-isa-al-masih-Id39Q3tZm6.jpg Tradisi perayaan kenaikan Isa Al Masih, (Foto: Freepik)
A A A

PERAYAAN Kenaikan Isa Al Masih tahun ini, jatuh pada hari ini, Kamis (9/5/2024) Perayaan ini juga dikenal dengan sebutan Hari Kenaikan Yesus Kristus. Tentunya hari ini menjadi sangat istimewa bagi umat Kristen maupun Katolik.

Kenaikan Isa Al Masih menjadi pertanda bahwa sosok Isa Al Masih atau Yesus Kristus telah naik ke surga dalam wujudnya yang kekal, setelah kebangkitan-Nya dari kematian.

Terdapat beberapa kebiasaan dan tradisi yang biasanya dilakukan oleh umat Kristen maupun Katolik dalam merayakan hari besar ini. Penasaran? Yuk simak selengkapnya, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (9/5/2024)

 BACA JUGA:

1. Ibadah Kenaikan Isa Al Masih: Mayoritas gereja di Indonesia akan mengadakan ibadah khusus untuk merayakan Kenaikan Isa Al Masih. Oleh karenanya, sebagian besar umat Kristen dan Katolik akan menyempatkan waktu untuk beribadah dan mendengar puji-pujian untuk mengucap syukur atas peringatan tersebut.

 BACA JUGA:

2. Berpuasa: Tradisi lain yang dilakukan sebagian orang yakni dengan berpuasa. Kegiatan ini bertujuan untuk menyucikan diri di hari yang istimewa. Selain itu, berpuasa menjadi bentuk perenungan makna kenaikan Kristus ke surga serta keberadaan Roh Kudus dalam hidup orang percaya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Refleksi dan renunganL Jadi momentum yang tepat untuk refleksi serta merenungkan diri. Kebanyakan orang memaknai momen ini sebagai arti spiritual dari peristiwa tersebut dengan cara berdoa atau membaca alkitab bersama

4. Kumpul keluarga: Biasanya setelah melakukan ibadah, banyak orang memilih untuk menghabiskan waktu dengan keluarga dengan berdoa bersama, membaca puji-pujian, atau pun dengan makan bersama.

5. Makan unggas: Masyarakat di Eropa biasanya merayakan Kenaikan Isa Al Masih dengan memakan unggas seperti burung dara dan ayam. Tradisi ini memiliki filosofi yaitu di hari ini Yesus Kristus telah ‘terbang’ ke Surga. Unggas dipilih karena hewan ini punya sayap yang melambangkan ‘terbang’ ke surga.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini