Share

Menengok Marriage Market, Pasar Jodoh di Shanghai untuk Cari Pasangan

Dita Pramesti, Okezone · Kamis 09 Mei 2024 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2024 05 09 612 3006390 menengok-marriage-market-pasar-jodoh-di-shanghai-untuk-cari-pasangan-1L023QyWm1.jpg Marriage market di Shanghai, (Foto: TikTok @travelwithmikaa)
A A A

BAGI orang tua, pernikahan anak merupakan salah satu peristiwa terpenting dalam hidup. Pernikahan bukan hanya tentang cinta dan kebahagiaan dua insan, tetapi juga tentang status sosial, ekonomi, dan kelanjutan garis keturunan.

Oleh karena itu, para orang tua pasti memiliki keinginan yang kuat untuk memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan pasangan yang terbaik. Keinginan ini sering kali diwujudkan dalam berbagai tradisi dan kebiasaan, seperti pencarian jodoh yang dilakukan oleh para orang tua di Shanghai berikut ini.

Terungkap lewat video viral yang diunggah oleh netizen pemilik akun TikTok @travelwithmikaaa, ternyata ada yang namanya pasar jodoh. Video yang sudah mendapatkan lebih dari 634 ribu kali penayangan dan mendapat lebih dari 27 ribu like tersebut, memperlihatkan di tengah hiruk-pikuk kota Shanghai yang modern dan sibuk, ada sebuah fenomena unik yang terjadi setiap akhir pekan di People’s Park atau taman kota. 

Taman tersebut akan berubah menjadi Marriage Market atau Pasar Perjodohan, yang acara di area terbuka yang diadakan secara massal, di mana para orang tua berkumpul untuk memasarkan anaknya masing-masing, dengan tujuan sang anak bisa mendapatkan pacar yang berkualitas untuk menjadi calon suami atau istri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Pasar Jodoh di Shanghai! Setiap akhir pekan, para orang tua mengubah People’s Park menjadi tempat pencarian jodoh yang besar!,” tulis akun @travelwithmikaa sebagai keterangan pada video tersebut.

Uniknya lagi, di Marriage Market, para orang tua yang berusaha mencarikan jodoh bagi anak-anaknya dengan membawa poster atau profil yang berisi background informasi pribadi seperti usia, pendidikan, pekerjaan, dan bahkan zodiak sang anak. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat menemukan pasangan yang cocok.

“Para orang tua akan mengiklankan profil anak mereka, termasuk usia, pendidikan, pekerjaan, dan bahkan zodiak!,” tulis sang netizen pada video berdurasi 11 detik tersebut.

Unggahan ini lantas menarik perhatian dari banyak netizen, seperti terlihat dalam kolom komentar di mana banyak dari mereka yang masih jomblo atau belum memiliki pasangan, merasa tertarik dengan acara tersebut.

“Gak ada gitu yang mau jodohin aku sama anaknya?,” komentar akun @shee***

“Di Indonesia ada gak sih?,” tanya akun @tae_*

“Aku butuh lokasi yang tepat,” ujar akun @noma***

“Aku akan coba pergi ke sana minggu ini,” sahut akun @joo***

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini