Share

Terungkap! Tanda Awal Pubertas di Usia 10 hingga 24 Tahun

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 15:55 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SEPERTI Peter Pan, manusia tidak ingin cepat tumbuh dewasa. Studi terbaru menyebutkan, bahwa masa-masa awal pubertas sebenarnya terjadi di usia 10-24 tahun.

Banyak anak muda yang tidak memahami masa-masa pubertas yang mereka alami. Apalagi saat ini mereka memilih melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih lama, daripada memilih untuk cepat menikah.

Selama ini orang mengenal definisi untuk usia remaja saat ini, antara usia 10 tahun hingga 19 tahun. Awalnya ditandai dengan awal perkembangan fisik pubertas dan akhir pertumbuhan biologis yang dirasakan.

 (Baca Juga: Awas, Ini Bahaya Pakai Cat Kuku saat Hamil!)

Tapi, berdasarkan temuan Lancet Child & Adolescent Health, para ilmuwan di Royal Children's Hospital di Australia berpendapat, bahwa waktunya tersebut perlu diubah. Perkembangan pubertas bertambah hingga usia 24 tahun.

Belum lagi, saat ini pasangan rata-rata menikah untuk pertama kalinya saat mempelai pria berusia 32 tahun dan mempelai wanita 30 tahun. Berbeda masanya saat era 1970-an.

Penulis utama studi ini, Prof Susan Sawyer berpendapat, harus ada kebijakan yang mendukung kaum muda untuk melampaui usia remaja. Tapi yang lain mengatakan, hanya karena anak muda belum menikah karena masih menyelesaikan pendidikan.

Dr Jan Macvarish dari University of Kent mengatakan, tidak ada yang pasti menunjukkan bahwa anak muda di usia 20 tahunan masih ingin mengenyam pendidikan. Di masa itu, mereka benar-benar bereksperimen.

 (Baca Juga: Teh vs Kopi, Mana Kandungan Kafeinnya yang Lebih Tinggi?)

"Tak salah kalau anak muda enggan menikah. Apalagi hingga usia 24 tahun mereka mulai mengakhiri masa pubertasnya," ujar Macvarish, dilansir Newyorkpost, Senin (22/1/2018).

Maka tak heran, di usia 10 tahun hingga 24 tahun, mereka tergolong berpikiran labil. Orangtua harus mengarahkan apa yang mereka mau, tapi jangan memaksa.

Adanya bukti ini, orangtua harus memahami masa-masa pubertas yang dihadapi oleh anak-anaknya. Kalau tidak, bisa terjadi salah paham yang seharusnya tak ada.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)