Share

Jangan Dibuang, 5 Sampah Makanan Ini Ternyata Bisa Dimakan Termasuk Kulit Pisang & Bawang

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 30 Januari 2018 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 30 298 1852213 jangan-dibuang-5-sampah-makanan-ini-ternyata-bisa-dimakan-termasuk-kulit-pisang-bawang-jDuh05iaiy.jpg Kulit bawang bisa dimakan (Foto:Ist)
A A A

APA yang ada di benak Anda ketika mendengar kulit buah? Pasti kebanyakan dari Anda bakal menjawab sesuatu yang mesti dibuang dan tidak baik untuk dikonsumsi.

Padahal, pada beberapa buah, kulitnya bisa dimakan dan manfaatnya baik untuk kesehatan tubuh, lho! Sebut saja kulit jeruk yang ternyaa kaya akan serat dan tentunya itu baik untuk sistem pencernaan Anda salah satunya.

BACA JUGA:

5 Buah Ini Memiliki Kandungan Gula yang Sangat Tinggi

Nah, masih ada beberapa sumber makanan lainnya yang mungkin pada awalnya Anda mengira itu sampah, tapi kini Anda tahu bahwa 5 "makanan aneh" ini bisa dimakan dan menyehatkan. Dilansir dari The Little Things, berikut penjelasannya

1. Batang dan daun Brokoli

Banyak orang lebih suka hanya mengonsumsi bunga brokoli. Bahkan, banyak juga dari Anda yang tidak doyan sayuran satu ini. Bagi Anda yang sudah biasa makan brokoli, ternyata Anda tidak hanya bisa makan bunganya, tapi batang dan daunnya juga bisa!

 

Jadi, kalau Anda ingin mengonsumsinya bersamaan, bikin saja sop brokoli. Yang perlu dilakukan adalah saat Anda merebus brokoli, masukan sekalian ke panci daun dan batang brokoli. Sedikit info, brokoli itu dikemas dengan antioksidan, folat, dan beta karoten. Sayuran ini juga penuh serat!

 

2. Kulit pisang

Kulit pisang sering dianggap hanya sebagai lapisan pelindung untuk pisang di dalamnya, tapi sebenarnya lebih dari itu. Kulit pisang mungkin tidak super lezat, tapi kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk membuat smoothies dan teh. Ternyata di dalam kulit pisang terdapat banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

3. Pangkal Wortel

Jika Anda ingin membuat sayur yang memerlukan wortel, kebanyakan dari Anda mungkin membuang pangkal wortel, kan?

Padahal bagian atas wortel itu memiliki banyak vitamin A, bahkan lebih banyak dari wortel itu sendiri dan bagian atas wortel benar-benar dapat dimakan dan rasanya lezat. Yang mesti Anda lakukan sebelum memasaknya adalah cuci bagian tersebut dan cemplungkan saja ke dalam sup, salad gandum, atau Anda bisa menggilingnya menjadi pesto.

 

4. Kulit semangka

Kulit semangka hampir tidak disukai banyak orang. Kulit semangka dianggap memiliki rasa pahit dan hambar, jadi kebanyakan orang mengira itu hanya pelindung buah semangka yang menyegarkan.

Padahal, yang mesti Anda tahu adalah bahwa kulit semangka bisa dimakan! Bahkan, bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Nah, untuk membuatnya terasa lebih nikmat, jadikan saja acar.

BACA JUGA:

Cicipi Manis Lembutnya Tiramisushi, Dessert Langka di Jepang Selama Valentine

5. Kulit bawang

Hampir semua orang membuang lapisan bawang merah paling luar. Tapi, sebetulnya lapisan itu bisa digunakan kembali! Tidak hanya kulit luar yang memiliki antioksidan yang sehat, kulit bawang bagian pertama juga sangat lezat.

 

Untuk menikmatinya Anda bisa masukkan kulit bawang ke dalam panci dan gunakan rebus untuk membuat kaldu sayuran yang lezat nan kaya nutrisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini