Share

Indonesia Tumbangkan China 3-2 di Kualifikasi Piala Uber 2018 Zona Asia

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 08 40 1856537 indonesia-tumbangkan-china-3-2-di-kualifikasi-piala-uber-2018-zona-asia-xPOZLX0pxu.jpg Fitriani (Foto: PBSI)
A A A

ALOR SETAR – Tim Uber Indonesia berhasil menumbangkan China di laga terakhir Grup Z Kualifikasi Piala Uber 2018 Zona Asia yang berlangsung di Sultan Abdul Halim Stadium, Kamis (8/2/2018) siang WIB. Greysia Polii dan kawan-kawan berhasil menang dengan skor tipis 3-2.

Kemenangan ini juga memastikan Indonesia lolos ke babak perempatfinal dengan status juara Grup Z Kualifikasi Piala Uber 2018 Zona Asia. Tiga kemenagan yang diperoleh Indonesia didapat dari tunggal putri Fitriani dan dua ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta.

Kemenangan Fitriani memang terasa mengejutkan kala turun sebagai tunggal pertama Indonesia. Menghadapi peringkat delapan dunia yakni Chen Yufei, Fitriani sukses mengatasi perlawanan tunggal pertama China tersebut dengan skor 16-21, 21-12, dan 21-15.

Baca juga Tim Uber Indonesia Juara Grup Z Usai Taklukkan China

Skor kedua dipastikan Indonesia melalui pasangan ganda putri andalan Indonesia yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Pasangan yang baru menjuarai India Open Super 500 2018 itu sukses menumbangkan Du Yue/Li Yunhui dengan skor 21-18 dan 21-12.

Pada partai ketiga, Indonesia harus kehilangan poin setelah Gregoria Mariska Tunjung kalah dari He Bingjiao. Juara dunia junior 2017 itu harus menyerah dari pemain peringkat sembilan dunia itu dengan skor 21-23 dan 10-21.

Kepastian Indonesia memenangi laga ini setelah Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta meraih kemenangan atas pasangan Cao Tong Wei/Yu Zheng di partai keempat. Bermain dalam waktu 1 jam 10 menit, Della/Rizki harus menuntaskan laga tersebut dengan skor 21-14, 19-21, dan 23-21.

Pada laga terakhir yang sudah tidak berpengaruh lagi, Ruselli Hartawan gagal menyumbangkan poin. Pemenang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2017 itu menyerah dalam dua set langsung dengan skor 17-21 dan 17-21.

Baca juga Nomor Ganda Putra Siap Amankan Poin di Laga Indonesia vs India

Kemenangan ini memastikan Indonesia ke babak perempatfinal. Meski harus ada satu langkah lagi untuk bisa mengamankan tiket kualifikasi yakni semifinal, tetapi Indonesia sudah bisa dipastikan melaju ke babak semifinal.

Pasalnya secara matematis, Indonesia sudah lolos ke putaran final setelah lima tim dari Asia dipastikan lolos tanpa melalui jalur kualifikasi. Kedua tim tersebut adalah China (juara bertahan), Thailand (tuan rumah), Jepang, Korea Selatan dan Taiwan (tiga peringkat teratas ranking dunia BWF). Maka dari itu Indonesia mendapat jatah lolos dari Zona Asia karena berdasarkan ranking BWF, Indonesia berada di posisi empat besar ranking Asia di luar kelima negara tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini