Share

Dekorasi Imlek Khas Rumah Nenek Soraya Larasati yang Harus Selalu Ada

Vessy Frizona, Okezone · Jum'at 16 Februari 2018 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 16 196 1860504 dekorasi-imlek-khas-rumah-nenek-soraya-larasati-yang-harus-selalu-ada-BlIyr5Ipmw.jpg Soraya Larasati (Foto: Vessy/Okezone)
A A A

MERAYAKAN Tahun Baru China atau Imlek tak lengkap rasanya bila tidak memberikan sentuhan dekorasi khas Imlek di dalam rumah.

Ada banyak sekali dekorasi Imlek yang sapat mempercantik rumah untuk menyemarakkan kemeriahan tahun baru. Sebagai artis yang merupakan keturunan Tionghoa, Soraya Larasati mengaku juga cukup menikmati suka cita Imlek dalam keluarga besarnya, terlebih soal dekorasi Imlek di rumah nenek.

"Selalu ada yang berbeda ketika kumpul keluarga saat Imlek di rumah nenek, ketika nenek masih hidup. Nenek saya selalu membuat tampilan rumah berbeda sedikit dari biasanya dengan menambahkan dekorasi khas Imlek di rumah," ungkap Soraya saat ditemui Okezone belum lama ini di Jakarta.

 (Baca Juga: Aturan Pemberian Angpao yang Harus Diketahui)

Ornamen-ornamen seperti pajangan shio hewan sesuai tahun baru Imlek biasanya selalu ada di rumah nenek Soraya. Tak lupa bunga-bunga segar seperti bunga sedap malam turut menghias rumah dan memberi nuansa serta aroma kesegaran tersendiri.

"Misalnya tahun ini shio kuda atau anjing, bah biasanya pajangan hewan itu ada. Tapi enggak lebay penempatannya. Sekadar ada tapi enggak heboh. Nenek juga menambahkan dengan bunga segar, karena kalau hari biasa kan enggak ada pajang-pajang bunga segar di rumah," jelasnya.

Untuk dekorasi seperti lampion atau buah-buahan, dan pajangan khas yang sangat mencirikan Imlek sekali, wanita berhijab ini mengatakan ornamen tersebut tak pernah ada di rumah nenek. Entah karena alasan apa, namun ia pikir sang nenek memang tak bisa memasangnya.

  (Baca Juga: Tradisi Makan Besar saat Imlek Keluarga Kapitan di Palembang Mulai Luntur)

"Entah karena enggak suka atau memang nenek saya enggak bisa memasangnya, jadi enggak pernah ada tuh lampion-lampion khusus Imlek," tuturnya sambil tertawa.

Untuk di rumahnya sendiri, Soraya memang sengaja tak menbuatnya berbeda atau sedikit spesial. Selain karena alasan tidak merayakan secara khusus, namun baginya tidak banyak orang yang berkunjung ke rumah.

"Saya ibu satu anak, enggak sempat bikin-bikin dekorasi. Haya saja, saya pastikan tetap membersihkan rumah. Setidaknya rumah bersih, wangi, dan segar saat Imlek," tukasnnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini