Share

Hati-Hati dengan Kadar Kolesterol Tinggi, Kenali Penyakit yang Diakibatkannya

Widya Marchellin, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 13:45 WIB
$detail['images_title']
Kolesterol tinggi dan penyakitnya (Foto:Ist)

BAGI Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi perlu diwaspadai penyakit yang dapat timbul. Tubuh yang sehat memiliki kadar kolesterol yang normal. Apabila kadar kolesterol dalam tubuh tidak normal kenali beberapa penyakit berikut.

Melansir My.clevelandclinic, Senin (19/2/2018) ada beberapa penyakit yang timbul akibat kadar kolesterol seseorang tinggi. Apa saja itu? Berikut uraiannya:

BACA JUGA:

Mukjizat! Bocah 3 Tahun Bertahan Hidup Meski Lahir dengan Jantung di Luar Tubuh

· Penyakit jantung koroner

Risiko utama yang terkait dengan kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner. kolesterol akan menumpuk di dinding arteri yang dikenal dengan aterosklerosis. Kondisi ini menyebabkan arteri menjadi menyempit, akan mengurangi aliran darah ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan angina (nyeri dada).

 

· Stroke

Stroke terjadi ketika pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak menjadi tersumbat atau meledak. Stroke dapat terjadi jika suplai darah ke otak berkurang. Saat stroke terjadi, bagian otak tidak bisa mendapatkan darah dan oksigen yang dibutuhkannya, jadi mulai mati.

 

· Penyakit arteri perifer

Penyakit arteri perifer adalah sebuah kondisi penyempitan pembuluh darah arteri yang menyebabkan aliran darah ke kaki menjadi tersumbat. Penyempitan ini disebabkan oleh timbunan lemak pada dinding arteri yang berasal dari kolesterol atau zat buangan lain (artheroma).

· Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit lain yang terkait dengan kolesterol tinggi karena diabetes dapat mempengaruhi tingkat kolesterol yang berbeda. Bahkan Jika gula darah terkontrol dengan baik, penderita diabetes cendrung mengalami peningkatan trigliserida, menurunkan high-density lipoprotein (HDL), dan kadangkala meningkatkan low-density lipoprotein (LDL). Hal ini mengakibatkan kemungkinan pengembangan aterosklerosis.

BACA JUGA:

5 Bahan Alami Pembasmi Sariawan, Garam Terbukti yang Paling Manjur

· Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol tinggi juga berkaitan erat. Ketika arteri menjadi mengeras dan menyempit dengan plak keolesterol dan kalsium (aterosklerosis), jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui pembuluh darah tersebut. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi dan tidak normal.

 

· Gangguan sistem pencernaan

Kolesterol tinggi dapat membuat ketidakseimbangan empedu, yang akan menyebabkan batu empedu. Pada kenyataannya 80 % penyakit ini disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Karena itu Anda harus selalu mengontrol kadar kolesterol Anda, agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)