Share

Selain Tanggal Kedaluwarsa, Begini Cara Mengetahui Makanan Sudah Tidak Layak Dikonsumsi

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 14:36 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TANGGAL kedaluwarsa pada makanan bukanlah penentu utama makanan masih dapat dikonsumsi atau tidak. Karena tanggal kedaluwarsa hanya menunjukkan kapan makanan akan mencapai batas kualitas optimal.

Kendati demikian, Anda bisa mencari tahu sendiri kapan sebuah makanan sudah tidak layak dikonsumsi karena kualitasnya yang sudah tidak baik. Untuk beberapa jenis makanan, cara mengetahuinya berbeda. Simak ulasannya dilansir dari Businessinsider, Selasa (20/3/2018):

Roti

Pada roti, Anda akan menemukan jamur sebagai tanda bahwa makanan tersebut sudah tidak layak dikonsumsi. Jika Anda menemukan jamur pada satu potongan roti, bahkan jika di potongan lainnya tidak terlihat jamur, sebaiknya buang semua roti. Hal ini dikarenakan tekstur roti yang keropos sehingga jamur mudah menyebar ke seluruh roti. Jadi, meski terlihat aman dan tak berjamur, bisa jadi sudah terisi spor jamur kecil.

 (Baca Juga: Efek Makanan Kedaluwarsa Bagi Tubuh dan Beberapa Gejalanya)

Telur

Untuk mengetahui telur masih layak atau tidak untuk dikonsumsi, Anda bisa melihatnya dengan menggunakan air. Jika telur mengapung di air tawar dan dingin, makan artinya telur sudah tidak baik atau bahkan membusuk. Tapi jika telurnya bagus, maka telur akan tenggelam. Hal ini karena meski kulit terlihat padat, sebenarnya sedikit berpori. Saat kantung udara mulai terbentuk di sekitar bagian cangkang, maka perlahan udara akan masuk dan terjebak di dalamnya. Semakin banyak udara yang terjebak, maka inilah yang akan membuat telur mengambang.

Buah

Buah yang sudah tidak bagus dikonsumsi adalah ketika teksturnya sudah mulai berubah. Jika buah menjadi lembek atau kasar, ini adalah pertanda bahwa Anda tidak boleh memakannya, menurut Greater Chicago Food Depository. Tanda lainnya dari buah yang tidak layak dikonsumsi adalah perubahan warna yang ekstrem, bau busuk, dan kulit keriput hingga mengelupas.

  (Baca Juga: Demi Tampil Awet Muda, Perempuan Cantik Ini Bugil dan Mandi di Air Super Dingin!)

Daging mentah

Jika daging mentah menjadi berlendir atau lengket, artinya kualitasnya sudah sangat kurang. Sementara jika warna daging telah berubah, itu bukan berarti kualitas daging sudah buruk. Tetapi jika bau busuk, berlendir, dan lengket, lebih baik Anda membuangnya.

Sayuran

Pada sayuran segar, warnanya hijau. Namun jika warna sayuran sudah memudar atau menjadi kuning, contohnya brokoli dan kangkung, maka artinya sudah tidak layak dikonsumsi.

  (Baca Juga: Baru Menikah 6 Hari, Suami Bantu Istrinya Menikahi Mantan Pacar, Ini Alasannya yang Bikin Haru)

Susu

Untuk mengetahui susu yang baik dan tidak layak konsumsi, Anda bisa melihatnya dari perubahan tekstur. Apabila susu sudah menjadi kental diikuti dengan perubahan warna, dan bau asam, maka sudah tidak bisa dikonsumsi.

Yogurt

Pada yogurt, biasanya ditandai dengan permukaan yang mencair seperti genangan air atau tumbuhnya jamur. Jika Anda melihat cairan yang lebih banyak dari kondisi normalnya, maka sudah tidak baik untuk dimakan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)