Share

Taman Smart Pasangkayu Bisa Obati Rindu Jakarta saat Berada di Sulawesi Barat

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 26 Maret 2018 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 26 406 1878126 taman-smart-pasangkayu-bisa-obati-rindu-jakarta-saat-berada-di-sulawesi-barat-RhSfoQEsl2.jpg Tugu Smart (foto: Ilovematra/Twitter)

PASANGKAYU menjadi salah satu daerah di Indonesia yang belum begitu populer. Mendengar namanya pasti akan terasa asing, karena memang Pasangkayu tidak sepopuler daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Barat.

Namun, soal destinasi wisata, kabupaten yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Ada cukup banyak pilihannya jika Anda memutuskan untuk berlibur ke Kabupaten Pasangkayu. Beberapa di antaranya ada Pantai Pasangkayu, Pantai Cinoki, Air Terjun Kaluku Nangka, Goa Lawah, dan masih banyak destinasi wisata lainnya yang masih terbilang perawan serta jarang diketahui wisatawan.

 BACA JUGA:

Ramalan Bintang 26 Maret 2018, Ketahui Keberuntungan Zodiakmu Hari Ini!

Jika Anda melancong ke Pasangkayu kunjungilah salah satu taman kota yang dimiliki kabupaten tersebut, namanya Taman Smart. Taman yang berada di Jalan Muhammad Hatta, Pasangkayu, Sulawesi Barat ini, memiliki sebuah tugu berbentuk bulat dengan nama yang sama, yaitu Tugu Smart.

Keistimewaan Taman Smart, Anda yang berasal dari Jakarta seakan bisa mengobati sedikit kerinduan, karena Tugu Smart di kelilingi air mancur yang berbentuk bulat, layaknya Bundaran Hotel Indonesia dan Patung Selamat Datang. Jika Anda datang pada malam hari, tugu akan bersinar cemerlang dan air mancur juga akan nampak lebih indah, karena meliuk-liuk seperti menari sambil disoroti lampu berwarna.

Tugu Smart yang berdiri tegak di tengah taman, juga merupakan ikon Kabupaten Pasangkayu. Nama Smart sendiri ternyata merupakan sebuah singkatan dari kepanjangan Sejahtera, Mandiri, dan Bermartabat. Air mancur yang indah itu pun jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

 

 (Foto: Taufik.Ms/Instagram)

Sambil menikmati suasana kota dan indahnya air mancur di malam hari, biasanya pengunjung akan mencicipi beragam jajanan khas Pasangkayu yang dijajakan di sekitar Taman Smart. Jika Anda teliti secara seksama, pilar-pilar yang menopang bundaran Smart ternyata bermotif kain, yang menjadi ciri khas suku-suku yang ada di Pasangkayu.

Menengok wujud dan suasana Pasangkayu yang sekarang, pasti Anda tidak akan pernah menyangkanya kalau daerah ini sempat menjadi daerah yang cukup tertinggal, karena jalan-jalannya bolong, listrik hanya menyala pada jam 6 sore dan padam pada jam 6 pagi. Namun, kini Pasangkayu sudah mulai berubah dan berkembang, bak menjelma jadi daerah yang berpotensi pariwisatanya.

 BACA JUGA:

Wanita Ini Gunakan Hair Dryer untuk Masak Daging Ayam, Hasilnya?

Bundaran Smart atau Taman Smart sendiri dibangun pada lima tahun lalu, tepatnya 2013. Sekarang telah menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi kalau berkunjung ke Pasangkayu, biar afdol jangan lupa berfoto dengan latar belakang Tugu Smart, ya!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini