Share

Terlalu Sering Membungkus Makanan dengan Kresek Picu Berbagai Penyakit

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 26 Maret 2018 16:05 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Earth911)

KETIKA membeli jajanan di pinggir jalan, biasanya pedagang membungkus makanan langsung dengan kantung plastik. Padahal ada risiko berbahaya bagi kesehatan, bila setiap hari melakukan hal yang sama.

Kantung plastik atau kresek umumnya terbuat dari bahan daur ulang. Ada banyak zat kimia yang bisa memicu penyakit di kemudian hari.

Tapi sayangnya, masyarakat kurang peduli akan bahaya menggunakan kresek. Contoh, kalau Anda membeli gorengan atau makanan lain di pinggir jalan, pasti tak lepas dengan penggunaan plastik secara langsung.

 (Baca Juga: Di Jakarta, David Beckham Suarakan Gaya Hidup Sehat)

Dokter Lula Kamal, MSc mengatakan, kresek terbuat dari campuran bahan kimia yang bermacam-macam. Kalau didaur ulang, senyawanya beracun dan bahaya bagi tubuh.

"Kalau kresek tidak boleh kontak langsung dengan makanan. Lebih aman dimasukkan ke dalam kertas pembungkus atau mika, tapi langsung cepat dimakan," katanya dalam Seminar Technoplast Ajak Publik Pahami Cara Penggunaan Wadah Plastik di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/3/2018).

Apalagi selama ini masyarakat sudah paham jika penggunaan kresek hitam dianggap lebih berbahaya daripada yang warnanya bening. Menurut presenter kondang itu, sama saja bahayanya jika Anda terbiasa membungkus makanan langsung dengan kantung plastik.

Karena kresek berwarna hitam terbuat dari bahan daur ulang jenis plastik lain dan senyawa aditif lainnya. Bahayanya jika mengontaminasi makanan bisa menyebarkan zat karsinogenik atau toksin berbahaya.

"Plastik zat kimianya sifatnya menurun. Apalagi kresek warna hitam, bahannya sudah jelek sekali. Warna hitam buat menutup bahan jelek itu," tambah Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia Dr Emil Budianto, pada kesempatan sama.

  (Baca Juga: Belum Pernah Ketemu, Pasangan Nikah Lewat Video Call, Netizen: "Anaknya Download!")

Doktor Emil mengingatkan kepada masyarakat supaya menghindari penggunaan kantung kresek untuk membungkus makanan. Karena plastik warna apapun sama bahayanya. Lebih baik, pakailah wadah plastik yang aman dan harus tersedia di dekat Anda.

Ditambahkan dr Lula, meski nampaknya dalam keadaan darurat saat membeli makanan yang dibungkus plastik, segera pindahkan langsung atau segera makan. Cara ini dilakukan supaya makanan tidak terkontaminasi senyawa bahan kimia berbahaya.

Dalam jangka panjang, ada sejumlah penyakit yang mengintai diri Anda jika tak mengubah kebiasaan. Termasuk menderita penyakit kanker, gangguan ginjal dan hati tanpa disadari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)