Share

Cara Mudah Mengolah Udang biar Masakan Jadi Nikmat dan Sedap

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Senin 16 April 2018 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 16 298 1887460 cara-mudah-mengolah-udang-biar-masakan-jadi-nikmat-dan-sedap-YT9yrUQuqv.jpg Udang (Foto: Imirante)
A A A

SELAIN ikan, udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Saking lezatnya, Anda tidak akan merasa puas hanya menyantap satu atau dua potong saja. Namun ternyata, masih banyak orang yang belum mengetahui teknik yang tepat untuk mengolah udang.

Setidaknya ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh sebagian orang ketika mengolah bahan makanan tersebut. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Mashed, Senin (16/4/2018).

Pilihlah udang beku

Kita semua tahu bahwa makanan beku seharusnya tidak menjadi pilihan utama. Namun hal ini sebetulnya tidak berlaku untuk udang. Pasalnya, udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang paling cepat mengalami proses pembusukkan. Jika dibekukan dengan cepat, udang akan mengeluarkan aroma amis yang sangat menyengat, dan tentunya tidak layak untuk dikonsumsi. Pilihlah udang beku jika Anda tidak akan langsung mengolahnya.

BACA JUGA:

Paduan Ayam Goreng Saus Lemon dengan Salad Kale Garlic untuk Makan Malam Nikmat

Jangan gunakan udang yang sudah membusuk

Menggunakan udang segar merupakan kunci utama untuk menyajikan makan malam yang lezat. Kendati demikian ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengolahnya.

Pastikan bahwa udang Anda masih dalam keadaan segar atau bisa ditandai dari teksturnya yang tidak memiliki bintik-hitam, tidak mengeluarkan aroma menyengat seperti amonia, klorin, atau blerang. Selain itu, pastikan pula udang tidak berlendir, kering, atau terlalu lembek. Untuk mengakali hal tersebut, para ahli menyarankan untuk segera membuat bagian kepala udang jika ingin menjaga kesegarannya.

Cairkan dengan benar

Mencairkan makanan beku jenis apapun diperlukan cara khusus agar tidak merusak teksturnya. Jangan khawatir, meski udang dalam kondisi beku, ada cara yang mudah untuk mencairkannya. Pertama, masukkan udang ke dalam mangkuk lalu bilas dengan air mengalir selama kurang lebih 15 menit. Namun, perlu diketahui juga bahwa cara ini terkadang tidak bekerja sepenuhnya jika Anda memasak dengan suhu yang kurang tepat.

 BACA JUGA:

Bosan dengan Bubur Ayam? Yuk Cobain Lezatnya Manggul dari Madura

Pakai ekor atau tidak?

Banyak kita temukan di restoran atau warung makan ternama yang menjajakan olahan udang lengkap dengan ekornya. Namun ada pula yang telah dibersihkan dari cangkangnya sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi.

Ini kembali lagi dari selera masing-masing. Menurut Bruce Mattel of The Culinary Institute od America, biasanya olahan udang yang lengkap dengan ekornya itu digunakan untuk membuat sajian shrimp cocktail. Sementara itu, jika Anda ingin membuat olahan pasta, sebaiknya buang bagian ekor agar lebih mudah ketika disantap menggunakan garpu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini