Share

Melihat Koleksi Pencetus Emansipasi Wanita di Museum Kartini

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 22 April 2018 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 22 406 1889975 melihat-koleksi-pencetus-emansipasi-wanita-di-museum-kartini-bxvaFEJhdN.jpg Museum Kartini (Foto: bhireen/Instagram)

RADEN Ajeng Kartini menjadi salah satu pahlawan wanita Indonesia yang dikenal oleh penduduk Indonesia. Pahlawan yang mencetuskan emansipasi perempuan di Tanah Air ini begitu istimewa hingga dibuat satu hari yang diperingati sebagai Hari Kartini, setiap 21 April.

Sebagai seorang pahlawan, RA Kartini memiliki beberapa benda peninggalan yang diwariskan pada keturunannya. Bagi Anda yang tertarik mengenal RA Kartini lewat benda-benda peninggalannya yang bersejarah tersebut, bisa mengunjungi sebuah museum yang diberi nama Museum Kartini.

Museum yang masih berada di daerah kelahiran RA Kartini, yaitu Jepara, ternyata juga menyimpan benda-benda peninggalan kakak laki-laki Kartini, yang bernama R. M. P Sosrokartono. Museum yang didirikan di atas sebidang lahan seluas 5.210 meter dan telah dibangun sejak Jepara berada pada masa kepemimpinan Bupati Suwarno Djojo Marwodo, tepatnya 30 Maret 1975.

(Foto: bhireen/Instagram)

 (Baca Juga: 4 Figur Publik Ini Menjadi Kartini dengan Memperjuangkan Hak Alam)

Anda yang belum pernah mengunjungi Museum Kartini pasti penasaran dengan isi bangunan yang menyimpan benda-benda bersejarah si Putri Jepara ini, bukan? Meseum Kartini berisi koleksi RA Kartini yang disimpan dalam beberapa ruangan di dalam museum.

Pada ruangan koleksi RA Kartini, ada beberapa benda yang menarik, seperti foto-foto RA Kartini, meja, kursi, radio, gerobak, koleksi piring-piring, dan lainnya. Di ruangan lainnya, ada yang menyimpan tulang ikan raksasa Joko Tuwo yang panjangnya sekira 16 meter, berat 6 ton, lebar 4 meter, dan tinggi 2 meter, dikutip dari laman Indonesia Kaya.

(Foto: dee_rozak/Instagram)

  (Baca Juga: 3 Desainer Perempuan Terinspirasi RA Kartini dalam Mengembangkan Kreativitas di Lini Mode)

Di dalam museum yang berada di Jalan Alun-alun No.1 Jepara tersebut, juga terdapat mesin jahit engkol tangan, benda-benda lain seperti meja, kursi, cermin, dan potret RA Kartini dengan riasannya yang khas, yaitu rambut disanggul. Namun, dari banyaknya benda-benda bersejarah peninggalan masa lalu ini, foto-foto bernuansa klasik dan mampu menggambarkan masa lalu lah yang paling menyita perhatian.

 (Foto: renny_driandra/Instagram)

Pasalnya, lewat foto-foto yang terpajang, pengunjung bisa melihat bagaimana peradaban pada zaman itu, mulai dari cara berpakaian hingga penampilan sosok-sosok yang ada terabadikan di dalam foto.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini