Share

Arab Saudi Akan Umumkan Idul Fitri 1441H pada Jumat Malam Ini

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 06:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 22 614 2217766 arab-saudi-akan-umumkan-idul-fitri-1441h-pada-jumat-malam-ini-Mq0BYuNtI5.jpg Masjidil Haram di Arab Saudi. (Foto: Istimewa/AP)
A A A

DUBAI – Mahkamah Agung Arab Saudi akan mengumumkan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada Jumat 22 Mei 2020 malam. Penetapan itu bakal dilakukan setelah melakukan pengamatan rukyatul hilal menentukan masuknya bulan Syawal.

Baca juga: Astronom: Idul Fitri di Arab Saudi Jatuh pada Minggu 24 Mei 

Mengutip dari Arabnews, Jumat (22/5/2020), Mahkamah Saudi juga meminta masyarakat turut serta melakukan pengamatan rukyatul hilal.

Ilustrasi pemantauan rukyatul hilal. (Foto: Dok Okezone)

Mereka meminta semua Muslim yang melihat bulan dengan mata kepala sendiri atau peralatan khusus untuk mendaftarkan penampakan itu bersama mereka atau pusat pemantauan terdekat lainnya.

Baca juga: Tata Cara dan Bacaan Takbir Idul Fitri, Versi Panjang dan Pendek 

Komite Pemantauan Bulan Uni Emirat Arab juga mengumumkan akan melakukan pertemuan secara virtual pada Jumat ini untuk menentukan masuknya hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pengadilan Syariah di sana bakal memberi tahu Komite jika melihat adanya hilal bulan baru.

Jika bulan baru muncul pada Jumat malam, maka Idul Fitri akan dimulai pada hari Sabtu. Kalau tidak, dirayakan setelah hari ke-30 Ramadhan yang berarti pada hari Minggu.

Baca juga: Tausiyah Ramadhan: Berpuasa adalah Me-Lockdown Diri 

Ilustrasi Idul Fitri. (Foto: Istimewa)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini