Share

Kisah Ibnu Abbas Jadi Ahli Tafsir Berkat Doa Rasulullah

Yudistira, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 614 2253597 kisah-ibnu-abbas-jadi-ahli-tafsir-berkat-doa-rasulullah-r7xLjozc5j.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

BACAAN Alquran para sahabat radhiyallahu anhu berbeda dengan bacaan orang-orang pada umumnya. Para sahabat membaca Alquran sekaligus memahami tafsirnya. Salah satunya yaitu Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu.

Ia menjadi ulama besar tafsir. Ibnu Abbas telah menghafal Alquran sejak anak-anak. Segala sesuatu yang dihafal sejak kecil tentu sangat kuat dan tertanam jelas dalam ingatan. Ibnu Abbas meriwayatkan hadis-hadis lebih banyak daripada sahabat lain.

Baca juga: Dijuluki 'Rahmat Tuhan', Inilah Sosok Anak Pendeta Perancang Masjid Istiqlal 

Dalam buku Fadhilah Amal karya Maulana Muhammad Zakkariya al Kandhalawi dijelaskan ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam wafat, Ibnu Abbas masih berusia 13 tahun. Saat itu Ibnu Abbas telah menguasai pengetahuan tentang tafsir dan hadis, hingga di kemudian hari menjadi imam para ahli tafsir.

Keistimewaan Ibnu Abbas mengenai ilmu tafsir Alquran tidak lepas dari keberkahan doa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Suatu ketika setelah selesai buang air, Rasulullah keluar untuk beristinja. Lalu beliau mendapati wadah di tempat beristinja telah penuh air.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pun bertanya, "Siapa yang mengisi wadah air ini?"

Seseorang menjawab, "Ibnu Abbas yang mengisinya."

Rasulullah sangat gembira mendengar hal itu lalu berdoa, "Ya Allah, berilah ia pemahaman agama dan ajarilah ia takwil Alquran."

Baca juga: Sangat Dahsyat, Ini Sederet Manfaat Puasa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di saat yang lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sedang sholat sunah dan Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu berdiri sebagai makmum di belakang Nabi. Kemudian Rasululah menarik tangan beliau lalu menyejajarkannya dengan beliau.

Ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam meneruskan sholatnya, Ibnu Abbas Mundur sedikit ke belakang. Setelah selesai sholat, Rasulullah bertanya, "Mengapa engkau mundur?"

Baca juga: Sains dan Alquran: Tawaf Selaras dengan Rotasi Alam Semesta 

Ilustrasi tanah Arab. (Foto: Shutterstock)

Ibnu Abbas menjawab, "Ya Rasulullah, Engkau adalah utusan Allah, bagaimana aku dapat berdiri sejajar dengan Engkau?"

Atas jawaban tersebut kemudian Rasulullah mendoakan supaya Ibnu Abbas ditambahkan pemahaman ilmu dan pemahaman agama. (Kitab Al Ishabah)

Baca juga: Gagal Berangkat, Calon Jamaah Haji Sumbangkan Uangnya untuk Warga Miskin 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini