Share

Yuk Baca 1 Sholawat Nabi, Allah Akan Balas 10 Kali Lipat

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 330 2270317 yuk-baca-1-sholawat-nabi-allah-akan-balas-10-kali-lipat-yJFTzetbhL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

SHOLAWAT merupakan salah satu bentuk amalan yang khusus. Setiap Muslim yang membaca sholawat akan mendatangkan fadilah luar biasa. Salah satunya adalah setiap satu kali membaca sholawat maka Allah Subhanahu wa ta’ala akan membalas 10 kali lipat rahmat.

Allah Subhanahu wa ta’ala telah bersholawat untuk Nabi serta memperintahkan kepada malaikat-malaikat-Nya untuk bersholawat juga. Setelah itu memperintahkan kepada kaum muslimin-muslimat dan mukminin-mukminat seluruhnya untuk bersholawat.

Baca juga: Hati-Hati Gunakan Medsos, Jangan Sampai Menimbulkan Dosa Jariyah 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Al Ahzab Ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS Al Ahzab: 56)

"Ini perbedaan dengan misalnya sholat, puasa, haji, tidak dilaksanakan langsung oleh Allah, tidak diperintahkan kepada malaikat. Tetapi khusus sholawat ini luar biasa. Allah sendiri mencontohkan kemudian diperintahkan kepada malaikat, baru kemudian diperintahkan kepada kita," ujar KH Misbahul Munir, dikutip dari akun Youtube iNews Religi, Senin (32/8/2020).

Ilustrasi doa. (Foto: Shutterstock)

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam mengingatkan kepada umatnya betapa pahala, fadilah, serta keutamaan bersholawat itu sangat luar biasa.

Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa membaca sholawat kepadaku satu kali, maka Allah akan membalas kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim nomor 408)

Baca juga: Ustadz Abdul Somad Diberi Nasihat Menggelitik, Warganet pun Tertawa 

KH Misbahul Munir pun menyampaikan suatu ketika salah seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bahwa siapa yang dimaksud dengan mendapat balasan 10 kali lipat itu?

Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengatakan akan diberikan 10 kali lipat ini bukan hanya orang yang sambung hatinya, tapi juga kepada seluruh orang yang membaca sholawat kepada Nabi, walaupun hatinya lalai.

Tidak lupa KH Misbahul Munir mengingatkan sebuah syair yang artinya amal manusia bisa diterima dan bisa ditolak. Ibadah apa pun bisa diterima dan bisa ditolak, kecuali membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sungguh luar biasa membaca sholawat sehingga bisa menjadi hilangnya penghalang antara doa dengan Allah Subhanahu wa ta’ala. Hal ini diriwayatkan dalam sebuah hadis:

"Setiap doa akan terhalang hingga diucapkan sholawat kepada Muhammad." (HR At Thabrani)

Baca juga: Sains dan Alquran, Titik Terendah Bumi Ada di Laut Mati 

"Saking pentingnya, karena antara doa kita dengan Allah itu ada hijab, ada penghalang, maka ketika membaca sholawat, penghalang itu tembus, hilang. Itu hebatnya sholawat," tutur KH Misbahul Munir.

"Khusus hari Jumat, tolong lebih serius lagi baca sholawat. Karena Rasulullah menyampaikan 'hari yang paling utama adalah hari Jumat, perbanyaklah olehmu kepadaku untuk membaca sholawat, karena sholawat yang kamu baca itu ditunjukan kepada Nabi', dilaporkan kepada Nabi, Nabi mendengar," lanjutnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ngaku Dapat Wahyu Ilahi, Pria Ini Bikin Alquran Versi Baru 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini