Share

5 Oleh-Oleh Makanan Khas Surabaya Favorit Wisatawan

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 301 2278170 5-oleh-oleh-makanan-khas-surabaya-favorit-wisatawan-W4zgsh7UR8.jpg Spiku Surabaya. (Foto: Instagram/@spikoe_resepkuno_surabaya)

OLEH-oleh menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Setiap daerah memiliki ciri khas yang mampu menggugah mata pengunjung.

Seperti di Surabaya yang tak hanya memanjakan dengan potensi wisata, namun juga okleh-oleh khasnya. Sebagai ibu kota dari Jawa Timur, Surabaya menjadi salah satu kota terfavorit yang dikunjungi saat musim liburan tiba.

Kota dengan luas 350,54 kilometer persegi ini pernah menjadi kota terbersih di Indonesia. Oleh karena itu akan banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini dan juga mencari oleh-oleh untuk kenang - kenangan.

Berikut lima oleh-oleh khas Surabaya yang bisa kamu beli yang direkomendasikan Okezone. Simak yuk!

 

1. Lapis Surabaya

 lapis

(Foto: Instagram/@blessbaking)

Legitnya kue terbaik dari seluruh dunia ini tak bisa mengalahkan siapa pun. Variasi rasa yang ada membuat wisatawan tergoda mencobanya. Biasanya lapis Surabaya terdiri dari tiga lapisan dimulai dari kuning, coklat, dan kuning kemudian diisi oleh selai blueberry atau strawberry.

Baca Juga: Aurel Diajak Piknik Atta Halilintar ke Ubud Bali, Pantes Mpok Nur Makin Sayang

Kue ini dapat ditemui di toko kue atau tempat oleh-oleh yang ada di kota tabebuya tersebut. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung kualitas dan kuantitasnya. Dimulai dari Rp20 ribuan hingga ratusan ribu.

2. Bandeng asap

 bandeng

(Foto: Instagram/@ebeka_bandeng_asap)

Ikan Bandeng memiliki nilai gizi yang tinggi, salah satunya dapat menjaga fungsi penglihatan dan kekebalan tubuh. Banyak tempat oleh-oleh yang menyajikan ikan bandeng sebagai buah tangan. Harganya masih cukup terjangkau yakni sekira Rp35 ribuan tergantung ukurannya.

Proses pematangan ikan ini digantung di atas asap hingga warnanya kuning kecoklatan. Rasanya yang khas menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner. Jika hendak membelinya, pilihlah yang baru matang karena Bandeng asap lama akan terasa asin dan dagingnya terasa sedikit keras.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Oseng tuna asap

Oseng tuna asap menjadi makanan favorit berikutnya. Sama seperti bandeng asap, oseng tuna juga menggunakan asap untuk proses pematangannya. Dibuat dari ikan tuna segar yang dibuang duri dan isian perutnya lalu diasapi hingga matang.

Harga yang ditawarkan mulai dari 55 ribuan dengan berat 500 gram. Varian rasa yang tersedia yaitu original dan pedas. Jangan lupa ya coba makanan ini!

4. Jenang dan sirup mangrove

Biasanya, saat berkunjung ke pesisir pantai akan terlihat hutan mangrove. Di Surabaya, tanaman mangrove akan dijadikan hidangan lezat yang menggugah selera. Jenang mangrove memiliki warna cokelat dengan tekstur legit dan kenyal serta dibungkus menggunakan pelepah pisang.

Sedangkan sirup memiliki rasa yang asam dan manis. Sirup ini dipercaya memiliki kandungan vitamin A dan C serta yodium juga antioksidan yang baik untuk tubuh. Harga untuk sekotak jenang mulai dari Rp10 ribuan dan sirup Rp35 ribuan saja.

5. Belinjo udang

 blinjo

(Foto: Instagram/@camilannusantara) 

Tanaman ini biasanya diolah menjadi emping yang memiliki cita rasa gurih, manis, dan sedikit pahit. Namun di Surabaya, Anda dapat menemukan belinjo yang diisi dengan udang. Emping ini memiliki citarasa yang manis dan gurih karena menambahkan udang asli.

Selain manis, terdapat varian rasa pedas manis. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni sekitar Rp25 ribuan tergantung ukurannya. Rasanya yang unik dapat dijadikan lauk atau sekadar camilan.

Oleh : Putri Aliya Syahidah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini