Share

Rasulullah Perintahkan Makan Pakai Tangan Kanan, Ini Keutamaannya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 07:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 330 2461281 rasulullah-perintahkan-makan-pakai-tangan-kanan-ini-keutamaannya-HFHc6HbA69.jpg Ilustrasi makan menggunakan tangan kanan. (Foto: Freepik)
A A A

KAUM Muslimin diperintahkan makan menggunakan tangan kanan. Ini sebagaimana perintah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Ternyata ada keutamaan besar di balik ajaran tersebut.

Sebagaimana dilansir laman Muslim.or.id, ajaran makan memakai tangan kanan berdasarkan riwayat dari Jabir bin Aabdillah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena setan itu juga makan dengan tangan kiri." (HR Muslim Nomor 2019)

Baca juga: Alquran dan Sains: Bulan "Bertanggung Jawab" Terjadinya Pasang Surut Air Laut 

Dari Umar Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jika salah seorang di antara kalian hendak makan maka hendaknya makan dengan menggunakan tangan kanan, dan apabila hendak minum maka hendaknya minum juga dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan itu makan dengan tangan kiri dan juga minum dengan menggunakan tangan kirinya." (HR Muslim Nomor 2020)

Ilustrasi makan menggunakan tangan kanan. (Foto: Freepik)

Imam Ibnul Jauzi mengatakan, "Karena tangan kiri digunakan untuk cebok dan memegang hal-hal yang najis dan tangan kanan untuk makan maka tidak sepantasnya salah satu tangan tersebut digunakan untuk melakukan pekerjaan tangan yang lain." (Kasyful Musykil, halaman 2/594)

Baca juga: Buat Ayah dan Bunda, Ini 8 Inspirasi Nama Anak Laki-Laki Islami Bermakna Mulia 

Dalam riwayat dari Salamah bin Akwa Radhiyallahu ‘anhu, beliau bercerita bahwa ada seorang yang makan dengan menggunakan tangan kiri di dekat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Melihat hal tersebut, Nabi bersabda:

"Makanlah dengan tangan kananmu. 'Aku tidak bisa makan dengan tangan kanan,' sahut orang tersebut. Nabi lantas bersabda, 'Engkau memang tidak biasa menggunakan tangan kananmu.' Tidak ada yang menghalangi orang tersebut untuk menuruti perintah Nabi, kecuali kesombongan. Oleh karena itu orang tersebut tidak bisa lagi mengangkat tangan kanannya ke mulutnya." (HR Muslim Nomor 2021)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Meski demikian, terdapat alasan yang bisa dibenarkan yang menyebabkan seseorang tidak bisa menikmati makanan dengan tangan kanannya karena suatu penyakit atau sebab lain, maka diperbolehkan makan dengan menggunakan tangan kiri.

Dalilnya firman Allah: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS Al Baqarah: 286)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains Beberkan Bukti-Bukti Pemuda Ashabul Kahfi Tidur 309 Tahun di Gua 

Ilustrasi makan menggunakan tangan kanan. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini