Share

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Beserta Waktu Pelaksanaannya

Hantoro, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 616 2478683 tata-cara-sholat-taubat-nasuha-beserta-waktu-pelaksanaannya-P06xpc9sk6.jpg Ilustrasi tata cara Sholat Taubat Nasuha. (Foto: Shutterstock)
A A A

TATA cara Sholat Taubat Nasuha hendaknya sudah dipahami semua Muslim. Alasannya, setiap orang tidak lepas dari kesalahan, jadi Sholat Taubat Nasuha adalah salah satu cara memperbaikinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam sendiri menganjurkan sholat taubat ketika seseorang benar-benar ingin bertaubat.

Sebagaimana dirangkum dari laman Rumaysho, Rabu (29/9/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menerangkan bahwa sholat taubat adalah sholat yang disunahkan berdasarkan kesepakatan empat madzhab.

Baca juga: MUI Persilakan Umat Rapatkan Shaf Sholat Berjamaah di Masjid 

Hal tersebut sebagaimana hadis Abu Bakr Ash Shiddiq, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

« مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ». ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ (وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ) إِلَى آخِرِ الآيَةِ

Artinya: "Tidaklah seorang hamba melakukan dosa kemudian ia bersuci dengan baik, kemudian berdiri untuk melakukan shalat dua rakaat kemudian meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuninya." Kemudian beliau membaca ayat ini: "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui." (HR Tirmidzi Nomor 406, Abu Daud Nomor 1521, Ibnu Majah Nomor 1395. Syekh Al Albani mengatakan hadis ini shahih)

Ilustrasi tata cara Sholat Taubat Nasuha.

Meskipun sebagian ulama mendhoifkan hadis tersebut, kandungan ayat (Ali Imron Ayat 135) sudah mendukung disyariatkannya sholat taubat. Sholat taubat cukup dilakukan dua rakaat dan niat dalam hati, tanpa perlu melafazkannya.

Baca juga: Doa Sujud Sahwi, Lengkap dengan Terjemahan dan Artinya 

Kapan waktu pelaksanaan Sholat Taubat Nasuha?

Tidak ada keterangan waktu pelaksanaannya, boleh dilakukan siang atau malam hari. Bahkan di waktu terlarang untuk shalat sekalipun, seseorang boleh melakukannya.

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:

وَكَذَلِكَ صَلَاةُ التَّوْبَةِ فَإِذَا أَذْنَبَ فَالتَّوْبَةُ وَاجِبَةٌ عَلَى الْفَوْرِ وَهُوَ مَنْدُوبٌ إلَى أَنْ يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَتُوبَ كَمَا فِي حَدِيثِ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ

Artinya: "Demikian pula sholat taubat (termasuk sholat yang memiliki sebab dan harus segera dilakukan, sehingga boleh dilakukan meskipun waktu terlarang untuk sholat). Jika seseorang berbuat dosa, maka taubatnya itu wajib, yaitu wajib segera dilakukan. Dan disunahkan baginya untuk melaksanakan sholat taubat sebanyak dua rakaat. Lalu ia bertaubat sebagaimana keterangan dalam hadis Abu Bakr Ash Shiddiq."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Adapun tata cara Sholat Taubat Nasuha adalah sebagai berikut, sebagaimana dijelaskan Ustadz Ammi Nur Baits ST BA dalam laman Konsultasi Syariah:

1. Berwudu dengan sempurna (sesuai sunah).

2. Sholat dua rakaat, tata caranya sama dengan sholat pada umumnya.

Baca juga: Jamaah Tertinggal Sholat Jumat, Ini yang Harus Dilakukan 

3. Tidak ada bacaan khusus ketika sholat taubat. Anda bisa membaca Al Fatihah kemudian membaca surah apa pun yang dihafal.

4. Berusaha khusyuk dalam sholat taubat, karena teringat dengan dosa yang baru saja dilakukan.

5. Beristigfar dan memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala setelah sholat taubat.

Baca juga: Terungkap! Kunci Sukses Ibunda Tasya Farasya Rajin Zikir Setiap Hari 

6. Tidak ada bacaan istigfar khusus untuk sholat taubat. Bacaan istigfarnya sama dengan bacaan istigfar lainnya, misalnya: "Astaghfirullah wa atuubu ilaih…"

7. Inti dari sholat taubat adalah memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan, dan bertekad tidak mengulanginya.

Wallahu a’lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini