Share

Subhanallah, Viral Jamaah Umrah Tidak Bisa Lihat Kakbah Padahal Ada di Depan Matanya

Vanessa Nathania, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 01:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 614 2482414 subhanallah-viral-jamaah-umrah-tidak-bisa-lihat-kakbah-padahal-ada-di-depan-matanya-equkGFFwtE.jpg Ilustrasi jamaah umrah di depan Kakbah. (Foto: Shutterstock)
A A A

TERJADI fenomena aneh yang tidak terduga menimpa seorang pria asal Indonesia saat umrah di Tanah Suci. Ia tidak bisa melihat bangunan Kakbah yang besar di depannya. Padahal, pria tersebut berdiri tepat di depan Kakbah di Masjidil Haram, Kota Makkah, Arab Saudi.

Kejadian ini diceritakan oleh Muhammad Sofi AW di kanal YouTube pribadinya yang sudah ditonton sebanyak 1 juta kali. Sambil menelusuri jalan dan menunjukkan suasana di sekitar sana, ia mulai menceritakan tentang pengalaman yang ditemui langsung ketika mengantarkan rombongan jamaah umrah.

Baca juga: 5 Keutamaan Puasa Senin Kamis yang Selalu Dijalankan Rasulullah 

Ia mengatakan ini adalah pengalaman terunik yang pernah ditemui selama memandu jamaah umrah sejak tahun 2009. Pria tersebut mengaku meskipun sudah berada di Kota Madinah dan Makkah, tetap merasa ada di Indonesia.

Hari pertama sampai, pria itu meminta diantar pulang. "Saya minta pulang, Ustadz. Tolong anterin ke rumah," ucap Sofi menirukan perkataan pria tersebut.

Pria itu mengatakan kasihan keluarganya akan mencari-cari dia karena sudah beberapa hari tidak pulang ke rumah.

Sofi yang mengunggah video tersebut mengatakan si pria, "Bapak, bapak ini sudah sampai di Madinah. kalau bapak mau pulang, ya harus beli tiket baru."

Baca juga: 17 Inspirasi Nama Anak Islami Berawalan A, Bermakna Karunia Allah hingga Tampan 

Uniknya, pria tersebut tetap merasa masih berada di Tanah Air dan dengan yakin mengatakan, "Di Madinah gimana? Ini saya biasa lewat di depan hotel ini naik ojek."

Pernyataan pria tersebut sontak membuat Sofi merasa kaget dan mempertanyakan apakah sebelumnya sudah pernah datang ke Madinah? Ternyata belum pernah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sofi kembali meyakinkan bahwa pria itu memang sudah berada di Madinah, namun dia tetap tidak percaya. Selain Sofi, teman-teman rombongan dan keluarganya juga sudah coba memberi tahu dan hasilnya pun sama.

Guna meyakinkan pria tersebut, dia dibawa Sholat Magrib di Masjid Nabawi, Madinah, sambil diperlihatkan kondisi di sekitarnya yang jelas berbeda dengan Indonesia.

Baca juga: Ini Bukti Alquran dan Sains Sudah Sejak Lama Ungkap Lautan Prasarana Transportasi Manusia 

Lucunya saat melihat orang-orang berjubah putih dengan jenggot panjang, dia beranggapan mereka adalah tamu-tamu negara yang datang ke salah satu masjid di daerah asalnya. Pria itu tetap belum menyadarinya. Meskipun sudah membawa satu botol berisi air zamzam, dia tetap tidak yakin berada di Madinah.

Kisahnya tidak berhenti di situ, pria tersebut bahkan sempat hilang dan ditemukan oleh seorang penjaga restoran yang berasal dari Indonesia, karena berkeras ingin pulang tapi tidak diantar-antar. Bahkan, dia juga tidak bisa melihat Kakbah yang ada di depannya. Ia tetap tidak merasa berada di Kota Suci Makkah.

Baca juga: 6 Tutorial Hijab Pashmina ke Kondangan atau Kuliah, Stylish dan Cantik Banget 

Mengantisipasi hilang lagi, pria tersebut akhirnya harus menggunakan kursi roda saat sedang melaksanakan tawaf sai. Anehnya, lagi-lagi ia merasakan hanya sedang berkeliling naik sepeda tanpa menyadari sebenarnya sudah berada di Masjidil Haram.

Saat melaksanakan Sholat Ashar di Masjidil Haram dengan posisi tepat di depan Kakbah, pria tersebut merasa itu hanyalah gambar yang sedang dilihat.

Usut punya usut, ternyata pria tersebut diberangkatkan umrah oleh salah satu pejabat dari kota asalnya yang sebelumnya saat pemilu berjanji jika berhasil akan memberangkatkan umrah masyarakat di sana. Meskipun tidak disebutkan secara pasti jumlah orang yang diberangkatkan.

Teman satu kamarnya yang juga merupakan tetangga di kampung halaman pria tersebut mengatakan bahwa dia adalah seorang paranormal atau dukun. Melihat latar belakangnya, Sofi merasa mungkin ini semua karena bukan dari kemauan hatinya untuk datang ke Baitullah melaksanakan ibadah umrah sehingga dia tetap merasa berada di Indonesia. Bahkan, pria itu tetap meramal di tengah perjalanannya melaksanakan ibadah umrah.

Baca juga: Mengapa Bintang Mengeluarkan Cahaya? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Hal yang menarik perhatian adalah dukun tersebut meramal dengan isi ramalan yang sama, yaitu "cinta pertamanya gagal". Seperti yang dia sampaikan kepada petugas restoran, petugas katering, dan Muhammad Sofi AW.

Sofi sendiri coba menasihati pria itu agar meninggalkan pekerjaannya sebagai dukun. Namun, dia tidak terima. Akhirnya, pria tersebut baru sadar ketika hendak pulang usai melaksanakan tawaf wada.

Baca juga: Doa Nurun Nubuwwah, Apakah Sesuai Tuntunan Nabi? 

"Alhamdulillah ya, akhirnya kita sampai juga ke Kota Suci Makkah," kata pria jamaah umrah tersebut saat mau pulang dari Makkah.

Video yang disukai oleh lebih dari 10 ribu pengguna itu menjadi pengingat bagi para warganet yang menuliskan komentar berharap bisa dijauhkan dari pengalaman seperti dirasakan oleh pria jamaah umrah tersebut.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini