Share

Simak! Lafadz Doa Buka Puasa Senin Kamis Sesuai Sunah Rasulullah

Hantoro, Jurnalis · Senin 13 Desember 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 618 2516326 simak-lafadz-doa-buka-puasa-senin-kamis-sesuai-sunah-rasulullah-1PtghWVA7i.jpg Ilustrasi doa buka puasa Senin Kamis. (Foto: Shutterstock)
A A A

LAFADZ doa buka puasa Senin Kamis cukup mudah diingat karena singkat dan sudah familier didengar. Doa ini sesuai sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sendiri selalu melaksanakan puasa Senin Kamis. Sebab pada hari Senin dan Kamis menajadi waktu dihadapkannya amal salih setiap Muslim kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Raja Salman Serukan Sholat Istisqa di Seluruh Wilayah Arab Saudi 

Saat buka puasa Senin Kamis disunahkan membaca doa. Setelah meminum air, pertama adalah membaca Bismillah yang artinya 'Dengan menyebut nama Allah'. Dilanjutkan dengan doa kedua yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Artinya: "Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Daud Nomor 2357, An Nasa'i Nomor 3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Baca juga: Kisah Mualaf Frederic Kanoute, Mantan Striker Sevilla yang Sisihkan Gaji Rp10 Miliar untuk Beli Masjid 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dihimpun dari laman Muslim.or.id, Senin (13/12/2021), ada makna yang sangat baik di balik doa berbuka puasa tersebut. Semua Muslim diajarkan selalu bersyukur karena masih bisa berpuasa sekaligus menikmati waktu berbuka saat azan Sholat Magrib berkumandang.

Baca juga: Cerita Tukang Sihir Firaun Takut dengan Ular Nabi Musa, Langsung Sujud dan Beriman kepada Allah Ta'ala 

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling bahagia bagi umat Islam. Sebagaimana dalam riwayat hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره ، وفرحة عند لقاء ربه

Artinya: "Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Rabb-nya." (Muttafaq 'alaihi)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Hukum Menebang Pohon yang Berbuah Menurut Ajaran Islam, Bolehkah? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini