Share

Tingkatkan Akhlakul Karimah? Lakukan 3 Cara Jitu Ini Menurut Aa Gym

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 330 2519908 tingkatkan-akhlakul-karimah-lakukan-3-cara-jitu-ini-menurut-aa-gym-hky1gucyMw.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Foto: YouTube Aa Gym Daily Vlog)
A A A

AKHLAKul karimah atau moral adalah salah satu sifat di dalam diri yang harus ditingkatkan setiap Muslim. ternyata ada cara ampuh melakukannya. Kiai Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym pun membagikan 3 tipsnya.

Aa Gym mengatakan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah ditanya, mengapa diutus ke bumi? Jawaban Nabi sederhana, "Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak." (HR Abu Hurairah)

Baca juga: Tata Cara Buka Puasa Senin Kamis Sesuai Sunah Rasulullah, Lengkap dengan Doa dan Artinya 

Ilustrasi meningkatkan akhlakul karimah. (Foto: Unsplash)

Baca juga: Kisah Mualaf Angelina Sondakh, Cobaan Berat Membuatnya Jadi Penghafal Alquran 

"Jadi kalau Anda ingin tahu siapa orang yang paling bagus Islam-nya, paling kuat imannya, khusyuk ibadahnya, banyak pahalanya, tinggi derajatnya? Akhlaknya," papar Aa Gym, seperti dinukil dari kanal YouTube Daily Vlog Aa Gym, Senin (20/12/2021).

Dia menerangkan, sesungguhnya akhlak datang dari hati, hati yang tidak punya Tuhan lain yang diibadahi selain Allah Subhanahu wa ta'ala. Hati yang tidak diperbudak dunia, kesombongan, kemunafikan, ujub, kedengkian, dan ria.

"Makin bersih hati, makin mulia akhlak," jelas Aa Gym.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tahiid ini menjelaskan, berbicara mengenai meningkatkan akhlakul karimah, setidaknya ada tiga hal yang harus dimiliki setiap Muslim:

1. Pastikan diri aman untuk orang lain

Hal pertama adalah memastikan bahwa diri sendiri aman bagi orang lain. "Pastikan ucapan dan sikap kita tidak membuat orang terganggu dalam bentuk apa pun," tutur Aa Gym.

Baca juga: Kisah Nabi Sulaiman Raja Semua Makhluk, Punya Kursi Deteksi Kebohongan Buatan Setan 

2. Menyenangkan bagi orang lain

Hal kedua adalah "saya menyenangkan bagimu". Maksudnya, di mana pun berada, usahakan orang lain senang, minimal dengan senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.

3. Bermanfaat bagi orang lain

Hal ketiga adalah "saya bermanfaat bagimu". Karena sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang paling banyak manfaatnya.

"Kita belajar supaya hidup ini tambah manfaat. Puncaknya akhlak adalah dia tidak merugikan siapapun, menyenangkan, dan bermanfaat," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Kiamat Muncul Usai Matahari Keluarkan Ciri-Ciri Dahsyat Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini