Share

Hari Ibu: Sosoknya Mulia Menurut Ajaran Islam, Rasulullah Menyebut 3 Kali Sebelum Ayah

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 330 2520376 hari-ibu-sosoknya-mulia-menurut-ajaran-islam-rasulullah-menyebut-3-kali-sebelum-ayah-w950YysGnv.jpg Ilustrasi Hari Ibu. (Foto: Freepik)
A A A

HARI Ibu diperingati masyarakat Indonesia setiap tanggal 22 Desember. Berdasarkan ajaran agama Islam, ibu adalah sosok yang sangat dimuliakan. Bahkan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tiga kali menyebut kata "Ibu" sebelum mengatakan "Ayah".

Dalam agama Islam, ibu memiliki kedudukan sangat mulia. Pasalnya, ibu adalah orang yang mengandung, melahirkan, menyusui, hingga mendidik anak-anaknya.

Baca juga: Kisah Sukses Bos PO Haryanto Miliki 300 Bus Berkat Santuni Anak Yatim hingga Berangkatkan Haji Umrah 

Ilustrasi Hari Ibu. (Foto: Rawpixel/Freepik)

Baca juga: 25 Nama Anak Perempuan Islami dengan Tiga Kata Bermakna Mulia hingga Pemberani 

"Ibu pun disebut madrasatul ula, sekolah pertama yang mengajari manusia," ungkap Ustadz Faozan Amar dalam nasihat agamanya yang diterima Okezone beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, lanjut dia, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memerintahkan umatnya untuk selalu menghormati ibu. Beliau sampai tiga kali menyebut kata "Ibu" baru kemudian "Ayah".

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hal tersebut sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah bersabda yang artinya:

"Seseorang datang kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan berkata: Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali? Nabi Shallallaahu ‘alaihi wassallam menjawab: Ibumu! Orang tersebut kembali bertanya: Kemudian siapa lagi? Nabi Shallallaahu ‘alaihi wassallam menjawab: Ibumu! Orang tersebut bertanya kembali: Kemudian siapa lagi? Beliau menjawab: Ibumu. Orang tersebut bertanya kembali: Kemudian siapa lagi? Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam menjawab: Kemudian ayahmu." (HR Bukhari dan Muslim : 5971)

Baca juga: 10 Artis Korea Beragama Islam, Nomor 1 Jadi Mualaf Usai Mengunjungi Indonesia 

Tidak hanya itu, surga pun berada di bawah telapak kaki ibu. Doa ibu juga sangat makbul untuk diijabah oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Maka itu, momentum Hari Ibu bisa dijadikan sarana melakukan refleksi terhadap bakti kepada ibu.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Dengar Kisah Nabi di Radio, Bule Ini Tidak Lagi Benci Islam dan Mantap Jadi Mualaf 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini