Share

Kisah Karomah Syekh Subakir: 40 Hari Mengusir Raja Jin yang Mengotori Tanah Jawa

Andaru Danurdana, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 614 2529720 kisah-karomah-syekh-subakir-40-hari-mengusir-raja-jin-yang-mengotori-tanah-jawa-LwjWKkg3d5.jpg Ilustrasi Syekh Subakir. (Foto: Istimewa)
A A A

SYEKH Subakir adalah sosok Wali Songo periode pertama yang berjasa dalam syiar Islam di Indonesia. Berasal dari Turki, ia dikenal sebagai Penumbal Tanah Jawa karena berhasil mengadang pengaruh negatif makhluk halus yang ada di Tanah Jawa.

Dikutip dari kanal YouTube Rio Fulana, Senin (10/1/2022), ketika Sultan Muhammad I mendapat wangsit mengirim sembilan orang ahli agama Islam untuk pergi ke tanah Jawa, terpilihlah Syekh Subakir sebagai perwakilan, karena memiliki sejumlah keahlian, salah satunya tumbal alias rukyah. Namun, tidak jarang ia dan rekan-rekannya mengalami kegagalan karena kepercayaan masyarakat Jawa yang sudah teguh.

Baca juga: 12 Karomah Mbah Moen: Sembuhkan Sakit dengan Air Putih hingga Dititipi Pesan Rasulullah 

Namun dengan gigih Syekh Subakir berusaha mencari celah berbaur dengan rakyat Jawa. Melihat para jin dan dedemit penunggu tanah Jawa sebagai penghalang besar syiar Islam, ia pun membawa sebuah batu hitam dari Arab yang sudah dirajah untuk kemudian dipasang di Puncak Gunung Tidar, Magelang, yang dipercaya sebagai titik tengah Pulau Jawa.

Batu tersebut pun berhasil mengusir para setan yang selama ini "mengotori" tanah Jawa, membuat raja bangsa jin yang bernama Sabda Palon bangkit untuk menghadapi Syekh Subakir secara langsung.

Baca juga: Kisah Karomah Kiai Mahmud Asal Sumenep, Lempar Ikan yang Sudah Jadi Tulang Bisa Berenang Lagi 

Setelah bertarung 40 hari 40 malam, Sabda Palon yang mulai kewalahan pun menawarkan sebuah jalan keluar. Wali Songo boleh menyebarkan Islam di tanah Jawa, namun tidak boleh memaksa para rakyat.

Akhirnya para Wali Songo pun berhasil menyebarkan ajaran Islam dengan menggabungkan dakwah dengan budaya Hindu-Buddha yang sudah mengakar di Indonesia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sosok Syekh Subakir sebagai sang penumbal tanah Jawa pun menjadi tenar di kalangan para pendekar penganut ilmu gaib dan kanuragan.

Namun agar tidak dipuja secara berlebihan, Syekh Subakir memutuskan untuk pulang ke Persia pada tahun 1462M.

Baca juga: Cara Unik Abu Nawas Kejar Maling yang Lari ke Arah Barat: Cegat dari Timur Saja 

Baca juga: Sadio Mane Diancam Dukun Santet, Dijawab Santai: Kematian Ada di Tangan Allah 

Kepergiannya dari Indonesia pun didasarkan dengan niat agar para pendekar dan masyarakat Jawa bisa meruntuhkan kefanatikan yang mereka miliki kepada Syekh Subakir dan kembali memuja Allah Subhanahu wa ta'ala.

Setelah wafat, Syekh Subakir pun digantikan posisinya dalam Wali Songo oleh Sunan Kalijaga.

Wallahu a'lam bishwab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini