Share

2 Waktu Terkabulnya Doa di Hari Jumat, Kapan Saja?

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 618 2531975 2-waktu-terkabulnya-doa-di-hari-jumat-kapan-saja-QSXbAr0Kr4.jpg Ilustrasi waktu terkabulnya doa di hari Jumat berkah. (Foto: Shutterstock)
A A A

SEDIKITNYA ada dua waktu di hari Jumat berkah yang menjadi terkabulnya doa-doa. Allah Subhanahu wa ta'ala akan mengabulkan permintaan setiap hamba-Nya di waktu-waktu tersebut. Maka itu, waktu ini disebut sebagai waktu paling mustajab untuk berdoa.

Sebagaimana dikutip dari laman Rumaysho, Jumat (14/1/2022), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc mengungkapkan secara jelas waktu-waktu terkabulnya doa tersebut bisa jadi saat duduk imam di antara dua khutbah Sholat Jumat, bisa jadi pula bakda Sholat Ashar sampai tenggelam matahari.

Baca juga: Abu Nawas Porak-porandakan Rumah Hakim Gara-Gara Mimpi, Kok Malah Dipuji Raja? 

Sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menerangkan tentang hari Jumat, lalu beliau bersabda:

« فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ » . وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا

Artinya: "Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan sholat lantas ia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta. Dan beliau berisyarat dengan tangannya akan sebentarnya waktu tersebut." (HR Bukhari Nomor 935; Muslim Nomor 852)

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat Berkah yang Sayang jika Dilewatkan, Berpahala Sangat Besar 

Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan:

أَنَّ كُلّ رِوَايَة جَاءَ فِيهَا تَعْيِين وَقْت السَّاعَة الْمَذْكُورَة مَرْفُوعًا وَهْم ، وَاَللَّه أَعْلَم .

Artinya: "Setiap riwayat yang menyebutkan penentuan waktu mustajab di hari Jumat secara marfu’ (sampai Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam) memiliki wahm (kekeliruan). Wallahu a’lam." (Kitab Fath Al-Bari, 11: 199)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Intinya ada beda pendapat hingga 40 pendapat dalam masalah ini mengenai penentuan kapankah waktu terkabulnya doa di hari Jumat. Namun, pendapat yang paling dekat dengan dalil ada dua yakni:

1. Waktu antara duduknya imam di mimbar hingga selesai sholat

Berdasarkan riwayat dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, "Abdullah bin Umar bertanya kepadaku: 'Apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadis dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengenai waktu mustajabnya doa di hari Jumat?' Abu Burdah menjawab, 'Iya betul, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

هِىَ مَا بَيْنَ أَنْ يَجْلِسَ الإِمَامُ إِلَى أَنْ تُقْضَى الصَّلاَةُ

Artinya: "Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan Sholat Jumat." (HR Muslim Nomor 853)

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110 Lengkap Terjemahan hingga Keutamaan Dibaca Setiap Jumat 

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Jumat 14 Januari 2022M/11 Jumadil Akhir 1443H 

2. Waktu bakda Sholat Ashar sampai tenggelamnya matahari

Dari riwayat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, beliau bersabda:

يَوْمُ الْجُمُعَةِ ثِنْتَا عَشْرَةَ يُرِيدُ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

Artinya: "(Waktu siang) di hari Jumat ada 12 (jam). Jika seorang muslim memohon pada Allah Azza wa Jalla sesuatu (di suatu waktu di hari Jumat) pasti Allah Azza wa Jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah Ashar." (HR Abu Dawud Nomor 1048; An-Nasa’i Nomor 1390. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan sanad hadis ini shahih)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini