Share

Mengenal Chechnya: Negara Muslim Pendukung Rusia, Miliki Presiden Hafiz Quran

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2022 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 614 2559410 mengenal-chechnya-negara-muslim-pendukung-rusia-miliki-presiden-hafiz-quran-PqG0RDyepP.jpg Ilustrasi tentara Muslim Chechnya membantu Rusia melawan Ukraina. (Foto: Reuters)
A A A

NEGARA Muslim Chechnya menjadi sorotan dunia usai memutuskan membantu Rusia dalam perang melawan Ukraina. Beredar video di media sosial yang menampilkan ribuan tentara Muslim Chechnya berangkat menuju Ukraina untuk membantu Rusia.

Sebanyak 12 ribu tentara Muslim Chechnya berkumpul dan meneriakkan takbir di alun-alun ibu kota regional Grozny sebelum sebelum berangkat ke Ukraina untuk membantu pasukan Rusia. Lantas, siapakah Republik Chechnya, negara mayoritas Muslim yang menjadi sekutu Rusia ini?

Baca juga: Viral Ribuan Tentara Muslim Chechnya Menggemakan Takbir Bantu Rusia 

Dikutip dari kanal YouTube Tawaf TV, Chechnya merupakan negara republik otonom, bagian dari Federasi Rusia. Letaknya berada di bagian timur Kaukasus Utara yang berbatasan dengan Ossetia Utara dan Ingushetia di bagian barat, Stavropol Krai di bagian Utara, Dagestan di Bagian Timur, dan Georgia di bagian Selatan.

Rusia mengklaim Chechnya sebagai bagian dari negaranya setelah berhasil menginvasi wilayah Kaukasus pada abad ke-18.

Luas negara Chechnya mencapai 17.300 kilometer persegi atau sedikit lebih luas dari Provinsi Sulawesi Barat. Sistem pemerintahan Chechnya adalah parlemen dan dipimpin oleh presiden yang dilantik Presiden Rusia.

Sebanyak 95 persen warga dari negara berpenduduk 1,5 juta jiwa ini merupakan pemeluk agama Islam. Dikarenakan dihuni mayoritas Muslim yang memegang teguh hukum dan tradisi Islam, maka di Chechnya tidak ada minuman beralkohol dan rokok, baik di restoran maupun hotel mewah.

Baca juga: Hafal 30 Juz Alquran, Wanita Mualaf Ini Jadi Hafizah Pertama di Ukraina 

Selain itu, banyak juga bangunan bernuansa Islam, seperti masjid dan kegiatan lainnya di sini. Bahkan, masjid terbesar di Eropa terdapat di Chechnya.

Pada 23 Agustus 2019, otoritas Rusia meresmikan masjid yang diklaim sebagai masjid terbesar dan terindah di Eropa. Masjid yang mampu menampung 70 ribu jamaah itu diberi nama Prophet Mohammed Mosque yang kini lebih dikenal sebagai Masjid Akhmad Kadyrov.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Saat ini Chechnya dipimpin oleh Ramzan Akhmadovich Kadyrov. Pria 45 tahun tersebut ditunjuk sebagai Presiden Chechnya pada 2007 saat masih berusia 31 tahun. Ia dikenal sebagai seorang Muslim yang taat dan telah menjadi hafiz Alquran.

Baca juga: Heboh Nikah Beda Agama di Semarang, Ustadz Adi Hidayat: Hukumnya Maksiat Termasuk Zina 

Baca juga: 4 Ulama Rusia yang Gigih Syiarkan Islam, Ada Penghafal Ratusan Hadis 

Selain seorang hafiz, Ramzan Kadyrov juga selalu rajin berada di shaf ketiga saat ibadah Sholat Jumat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk hormatnya kepada para habib dan ulama yang mengisi shaf pertama dan kedua.

Kadyrov sendiri adalah sosok yang tegas dan menentang segala bentuk paham radikalisme. Bahkan separatis ISIS pernah menghargai kepala Ramzan Kadyrov sebesar USD5 juta atau Rp71 miliar karena menentang mereka.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini