Share

Jelang Mudik, Kemenkes Ingatkan Lonjakan Kasus Covid-19 Masih Mungkin Terjadi

Kevi Laras, MNC Portal · Sabtu 23 April 2022 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 23 612 2583969 jelang-mudik-kemenkes-ingatkan-lonjakan-kasus-covid-19-masih-mungkin-terjadi-rg9b2DqiYi.jpg Ilustrasi mudik Lebaran. (Foto: Okezone)
A A A

SEMANGAT masyarakat menyambut mudik Lebaran dinilai sangat tinggi. Dengan ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan jika potensi terjadinya lonjakan kasus covid-19 masih ada.

Hal itu sebagaimana disampaikan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu. Dia juga mengingatkan akan pentingnya tetap menjaga protokol kesehatan.

Baca juga: Kabar Baik! Kemenkes Ungkap 4 Provinsi Bebas Malaria, Jakarta Termasuk? 

"Karena kita tahu bersama pandemi ini belum usai. Sehingga, saya kira imbauan masyarakat untuk tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan itu menjadi utama," ujar Maxi melalui kanal YouTube Kemenkes, Sabtu (23/4/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan terus memantau perkembangan kasus covid-19. Selain menjaga protokol kesehatan, pihaknya juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, menjelang hingga pasca-mudik.

Baca juga: Waspada! Studi Terbaru Ungkap Polusi Udara Tingkatkan Infeksi Covid-19 

Maxi menerangkan bahwa program vaksinasi menjadi salah satu upaya pemerintah dalam melindungi masyarakat.

"Kita tahu bersama, berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah di dalam meningkatkan ketahanan masyarakat, salah satunya adalah melalui upaya vaksinasi," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kendati demikian, Kemenkes memudahkan pemudik yang terjadwal vaksin di hari-H perjalanan mudik. Mengingat vaksin booster menjadi syarat mudik di tahun ini, akan menyiapkan 200 dosis vaksin di masing-masing pos kesehatan.

"Iya satu pos, jumlah sekitar 100–200 dosis vaksin," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia beberapa waktu lalu.

Baca juga: Berantas Malaria, Kemenkes Tetapkan 5 Regional Target Eliminasi 

Sehubungan dengan momen mudik, Kemenkes mengantisipasi adanya pemudik sakit ataupun butuh pertolongan medis cepat. Disediakan 13.968 fasilitas kesehatan yang disebar di seluruh wilayah Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini