Share

Canggihnya Planetarium UIN Walisongo yang Dipilih Jadi Tempat Rukyatul Hilal

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 615 2592891 canggihnya-planetarium-uin-walisongo-yang-dipilih-jadi-tempat-rukyatul-hilal-xlhsbUCBBX.jpg Planetarium UIN Walisongo Semarang jadi tempat Rukyatul Hilal. (Foto: Kemenag.go.id)
A A A

PLANETARIUM dan Observatorium Universitas Islam Negeri atau UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah, menjadi salah satu tempat Rukyatul Hilal. Di antaranya saat penentuan awal bulan Ramadan dan Syawal 1443 Hijriah.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kementerian Agama Akhmad Fauzin mengatakan bahwa Planetarium UIN Walisongo ini memiliki sejumlah keunggulan.

Baca juga: Masuk Islam, Artis Cantik Hollywood Emilie Francois Mantap Berhijab dan Tinggalkan Dunia Film 

"Ini merupakan planetariun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang pertama di Indonesia," ujar Fauzin di Semarang, Rabu 4 Mei 2022, dikutip dari Kemenag.go.id.

"Planetarium ini sudah dilengkapi dengan teknologi digital terbaik atau digistar 6," imbuhnya.

Planetarium UIN Walisongo Semarang. (Foto: Kemenag.go.id)

Menurut Fauzin, Planetarium UIN Walisongo juga menjadi planetarium universitas terbesar peringkat tiga di dunia dengan diameter mencapai 18 meter. Gedung ini sudah menggunakan digital projector dengan kualitas 4K dan screen dome menggunakan teknologi nanosame.

Baca juga: Cek Arah Kiblat! Matahari Tepat di Atas Kakbah pada 27 dan 28 Mei 2022 

"Kualitas sound surround juga sudah 4.0 dolby surround dengan kapasitas kursi penonton mencapai 190 orang," paparnya.

"Gedung ini sekaligus menggabungkan fungsi observatorium dan planetarium," sambungnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Apresiasi sebelumnya juga disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau gedung tersebut pada 26 September 2021.

"Ini luar biasa. Saya kagum begitu masuk ruangan ini. Apalagi setelah menonton beberapa tayangan edukasi," kata Menag Yaqut kala itu.

Baca juga: 5 Perang Besar yang Terjadi pada Bulan Syawal, Salah Satunya Merebut Kota Makkah! 

GusMen –sapaan akrabnya– bahkan mendorong sekaligus mendukung penyempurnaan Gedung Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo Semarang ini sebagai tempat edukasi sekaligus destinasi wisata. Oleh karena itu, ia meminta gedung tersebut dipersiapkan lebih lengkap dan tidak terburu-buru untuk diresmikan.

Hal senada disampaikan Rektor UIN Walisongo Semarang Imam Taufiq. Kepada Menag, Imam saat itu melaporkan bahwa Gedung Planetarium dan Observatorium UIN Walisongo menjadi satunya-satunya planetarium di dunia pendidikan dan terbesar di PTKIN.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini