Share

Doa Masuk dan Keluar Rumah, Lengkap Manfaatnya yang Luar Biasa Besar!

Hantoro, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 614 2607006 doa-masuk-dan-keluar-rumah-lengkap-manfaatnya-yang-luar-biasa-besar-nRTxOn51Ff.jpg Ilustrasi membaca doa masuk dan keluar rumah. (Foto: Thoughhtcho)
A A A

DOA masuk dan keluar rumah sangat penting diketahui serta dihafal kaum Muslimin. Tujuannya agar perjalanan keluar rumah atau sudah pulang dari beraktivitas menjadi lebih berkah atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala.

Doa masuk dan keluar rumah juga bisa mencegah setan dari luar ikut masuk rumah serta melancarkan bepergian agar diberi keselamatan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dikutip dari aplikasi Apa Doanya, ada hadis yang menganjurkan setiap Muslim menyebut nama Allah Subhanahu wa ta'ala saat masuk rumah. Setan dari luar pun tidak bisa turut masuk rumah.

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Ungkap Eril Pernah Tanya soal Air dan Kekuasaan Allah Ta'ala 

Doa Masuk Rumah 1

Adapun doa masuk rumah terbilang cukup mudah dilafazkan dan pastinya cukup familier bagi umat Islam, yakni:

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillaah

Artinya: "Dengan nama Allah." (HR Muslim nomor 2.018)

Dalam hadis dari Jabir bin 'Abdillah radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda yang artinya:

"Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (kepada teman-temannya): 'Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.' Ketika dia masuk rumahnya tanpa menyebut nama Allah, setan-pun mengatakan (kepada teman-temannya): 'Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.' Dan ketika dia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setanpun berkata: 'Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam'."

Hadis ini secara umum menunjukkan anjuran untuk berzikir, menyebut nama Allah ketika masuk rumah dan ketika hendak makan.

Baca juga: Bukan Samawa, Ini Doa Sahih untuk Pengantin Baru Deddy Corbuzier dan Sabrina Chairunnisa 

Doa Masuk Rumah 2

Kemudian ketika masuk rumah juga diajarkan mengucapkan:

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ

As-salaamu 'alaikum

Artinya: "Semoga keselamatan atas kalian."

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam berkata kepadanya:

"Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam biar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu." (HR Tirmidzi Nomor 2698. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini dhoif. Namun Syekh Al Albani merujuk pendapatnya dan mensahihkan hadis ini dalam Shahih Al Kalim 47)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selanjutnya ada beberapa doa keluar rumah yang sahih berdasarkan ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Berikut ini beberapa di antaranya:

Doa Keluar Rumah 1

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillaah, tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah." (HR Abu Daud Nomor 5095, Turmudzi 3426, dan disahihkan Al Albani)

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menjelaskan keutamaan doa ini, "Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca 'Bismillaah, tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah', maka disampaikan kepadanya, 'Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.' Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, 'Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi'."

Makna "disampaikan kepadanya" yang menyampaikan adalah Malaikat. Malaikat itu mengatakan kepada orang yang membaca doa ini ketika keluar rumah, "Wahai hamba Allah, kamu telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi." (Tuhfatul Ahwadzi, Syarh Sunan Turmudzi, 9/271)

Doa Keluar Rumah 2

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Allaahumma innii a'uudzu bika an adhilla au udholla, au azilla au uzalla, au azhlima au uzhlama, au ajhala au yujhala 'alayya

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu, jangan sampai aku sesat atau disesatkan (setan atau orang yang berwatak setan), berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya (orang), dan berbuat bodoh atau dibodohi." (HR Abu Dawud Nomor 5094, Nasai 5486, Ibnu Majah 3884, dan disahihkan Al Albani)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini