Share

Sholat Dhuha Akan Membuka Pintu Rezeki, Begini Niat dan Doanya

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 07:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 616 2615114 sholat-dhuha-akan-membuka-pintu-rezeki-begini-niat-dan-doanya-ZBDuryuEmb.jpg Ilustrasi sholat dhuha. (Foto: Shutterstock)
A A A

SELAIN sholat lima waktu, terdapat juga beberapa sholat lainnya yang disunahkan. Salah satunya adalah sholat dhuha yang dilaksanakan pada waktu pagi atau ketika matahari terbit. Batasan waktunya adalah saat matahari mulai terasa panas menjelang dzuhur yaitu sekitar pukul 07.00 hingga 11.00.

Adapun niat sholat dhuha cukup di dalam hati. Pasalnya, niat adalah amalan dalam hati. Selesai melaksanakan sholat dhuha, Anda bisa membaca doa ini setelahnya. Makna di dalamnya yaitu semoga Allah Subhanahu wa ta'ala mengabulkan semua doa yang telah hamba-Nya panjatkan.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Selasa 21 Juni 2022M/21 Dzulqa'dah 1443H 

اَللَّهُمَّ إِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاؤُكَ وَالبَهَاءَ بَهَاؤُكَ وَالجَمَالَ جَمَالُكَ وَالقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِي مَا آتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: "Ya Allah, sungguh waktu dhuha adalah milik-Mu. Yang ada hanya keagungan-Mu. Tiada lagi selain keindahan-Mu. Hanya ada kekuatan-Mu. Yang ada hanya kuasa-Mu. Tidak ada yang lain kecuali lindungan-Mu. Tuhanku, kalau rezekiku di langit, turunkanlah. Kalau berada di bumi, keluarkanlah. Kalau sulit, mudahkanlah. Kalau haram, gantilah jadi yang suci. Bila jauh, dekatkanlah dengan hakikat dhuha, keagungan, kekuatan, kekuasaan-Mu. Tuhanku, berikanlah aku apa yang Kau anugerahkan kepada hamba-hamba-Mu yang salih."

Biasanya sholat dhuha banyak dilakukan antara 2 hingga 8 rakaat. Terdapat keutamaan-keutaaman yang akan didapat jika rajin melaksanakannya. Salah satunya adalah membuka pintu rezeki. Jadi tidak heran jika ada seseorang rajin sholat dhuha, segala urusannya makin dipermudah.

"Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) karena Aku pada awal siang (sholatlah dhuha) 4 rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari." (HR Tirmidzi)

Baca juga: Doa Zikir Pagi Hari Ini: Melancarkan Segala Urusan yang Dijalani 

Selain itu, sholat dhuha juga memiliki hikmah sedekah. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

"Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih merupakan sedekah, setiap tahmid merupakan sedekah, setiap tahlil merupakan sedekah, setiap takbir merupakan sedekah, menyuruh kebaikan merupakan sedekah, dan mencegah kemungkaran merupakan sedekah. Dan semua itu bisa disetarakan dengan mengerjakan sholat dhuha 2 rakaat." (HR Muslim dari Abu Dzar)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian sholat dhuha juga sebagai tabungan amal kelak di akhirat nanti. Seperti yang kita tahu, pertanyaan yang pertama kali ditanya malaikat adalah sholat karena jika kita istikamah dan ikhlas dalam sholat, baik wajib maupun sunah maka akan dipermudah timbangannya.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah sholatnya. Jika benar (sholatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan jika rusak (sholatnya) maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada sholat wajibnya, maka Allah berfirman, 'Perhatikanlah, jikalau hamba-Ku memiliki salat sunah maka sempurnakanlah dengan sholat sunahnya sekadar apa yang menjadi kekurangan pada sholat wajibnya. Jika selesai urusan sholat, barulah amalan lainnya'." (HR Ash-Habus Sunan dari Abu Hurairah)

Baca juga: Cerita Lucu Abu Nawas Bangun Istana di Langit, Cuma Modal Layangan Lho! 

Ustadz Dhanu mengatakan, jika yang membuat dahsyat bukan terletak dari sholat dhuha, melainkan dari sisi istiqomah, seberapa konsisten umat menjalankannya.

"Jangan pas lagi ada butuhnya baru sholat dhuha, itu jangan. Jadi ketika kondisi kita itu tidak apa-apa biasa saja, tidak sedang ada keinginan sholat saja dhuha 2 rakaat. Selesai. Tapi Jangan ada niatan ada keinginan karena sholat dhuha itu bisa menjadikan kemudahan-kemudahan setiap harinya oleh Allah," katanya dalam sebuah tayangan di MNCTV.

Terkadang orang lain, kata Ustadz Dhanu, menjadikan sholat dhuha supaya memperlancar rezeki. Namun memang tidak ada yang salah, melainkan lebih baik diniatkan untuk beribadah semata-mata untuk Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Jangan sampai sholat dhuha itu untuk rezeki, jangan. Karena rezeki itu banyak, jangan dari sisi harta saja maksud saya, tapi bisa bentuk kesehatan, keluarga bahagia, ini rezeki. Ujian juga," pungkasnya.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini