Share

Doa saat Membayar Utang Sesuai Sunah: Lengkap Teks Arab, Latin, Terjemahan Indonesia

Hantoro, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 618 2623757 doa-saat-membayar-utang-sesuai-sunah-lengkap-teks-arab-latin-terjemahan-indonesia-38h8sYr7gt.jpg Ilustrasi doa saat membayar utang sesuai sunah. (Foto: Unsplash)
A A A

DOA saat membayar utang sesuai sunah sangat baik diamalkan ketika sudah dapat melunasi sangkut-paut tersebut. Dengan bisa membayar tanggungan utang, maka menjadi sebuah nikmat besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala yang wajib disyukuri seorang Muslim.

Doa saat membayar utang merupakan ungkapan atas anugerah dari Allah Subhanahu wa ta'ala yang melapangkan rezeki. Meski begitu, orang yang berutang wajib berterima kasih kepada orang meminjamkan uang atau memberikan utang kepadanya.

Baca juga: Doa Zikir Pagi Hari Ini: Mencegah Segala Kejahatan dan Perbuatan Jelek 

Orang yang berutang dianjurkan mendoakan keberkahan bagi orang yang memberikannya utang. Berikut ini doa saat membayar utang ditujukan kepada orang yang meminjami uang tersebut, sebagaimana dikutip dari aplikasi Apa Doanya:

Doa saat Membayar Utang

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِكَ، إِنَّمَا جَزَاءُ السَّلَفِ الْحَمْدُ وَاْلأَدَاءُ

Baarokallaahu laka fii ahlika wa maalika, innamaa jazaa-us-salafil hamdu wal adaa-u.

"Semoga Allah memberikan berkah kepadamu dalam keluarga dan hartamu. Sesungguhnya balasan meminjami adalah pujian dan pembayaran."

(HR An-Nasa'i dalam kitab 'Amalul Yaum wal Lailah, halaman 300, Ibnu Majah 2/809, dan lihat kitab Shahih Ibnu Majah 2/55)

Sementara itu ada juga doa-doa supaya bisa terbebas dari utang atau bisa melunasi utang. Berikut ini beberapa di antaranya:

Baca juga: Cuma Modal Bisikan, Abu Nawas Sembuhkan Pangeran yang Sakit Keras, Apa yang Dibilang? 

Doa agar Terbebas dari Utang 1

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allaahummakfinii bihalaalika 'an haroomika, wa aghninii bifadhlika 'amman siwaak.

"Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Jadikanlah aku kaya dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu."

(HR Abdullah bin Ahmad dalam Zawa-idul Musnad nomor 1319; At-Tirmidzi 3563, dan Al-Hakim 1/537. At-Tirmidzi mengatakannya sebagai hadis hasan, dan dihasankan pula oleh Syekh Al-Albani. Sedangkan Al-Hakim mensahihkannya)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Doa agar Terbebas dari Utang 2

اَللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ، وَتَنْزِعُ الْمُلكَ مِمَّنْ تَشَاءُ، وُتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ، وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ، بِيَدِكَ الخَيْرُ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، رَحْمَـٰنَ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَرَحِيْمَهُمَا، تُعْطِيهِمَا مَنْ تَشَاءُ وَتَمْنَعُ مِنْهُمَا مَنْ تَشَاءُ، اِرْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِينِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Allaahumma maalikal mulki tu'til mulka man tasyaa', wa tanzi'ul mulka mimman tasyaa', wa tu'izzu man tasyaa', wa tudzillu man tasyaa', biyadikal khoir, innaka 'alaa kulli syai-in qodiir, rohmaanad-dunyaa wal aakhiroti wa rohiimahumaa, tu'thiihimaa man tasyaa' wa tamna'u minhumaa man tasyaa', irhamnii rohmatan tughniinii bihaa 'an rohmati man siwaak.

"Ya Allah, Pemilik Seluruh Kekuasaan. Engkau beri kekuasaan kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau mencabutnya dari siapa yang Engkau kehendaki. Engkau memuliakan siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau menghinakan siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan-Mu-lah segala kebaikan, dan Engkau Maha Berkuasa Atas Segala Sesuatu. Wahai Pengasih di Dunia dan Akhirat dan Penyayang di keduanya, Engkau memberikan keduanya (dunia dan akhirat) kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan menahan keduanya dari siapa yang Engkau kehendaki. Rahmatilah aku dengan rahmat-Mu yang menjadikanku tak lagi memerlukan belas kasih selain-Mu."

(HR At-Thabrani dalam Al-Mu'jamus Shaghier dengan sanad yang dianggap jayyid oleh Al-Mundziri. Sedangkan Syekh Al-Albani menghasankannya; lihat Shahih At-Targhieb wat Tarhieb nomor 1821)

Doa agar Terbebas dari Utang 3

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Allaahumma innii a'uudzu bika minal ma'tsami wal maghrom.

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan sulitnya utang." (HR Bukhari nomor 2397 dan Muslim 5)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini